Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marga Yang Bersaudara Dengan Siopat Pusoran di Semua Puak Batak

Siopat Pusoran atau sebagian orang menyebutnya Siopat Pisoran adalah sebuah nama dari  marga-marga Batak Toba keturunan Guru Mangaloksa yang terdiri dari marga Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung, Hutapea, dan Lumban Tobing.

Marga Siopat pusoran


Beberapa kumpulan marga Batak saling memiliki hubungan dengan satu atau beberapa puak Batak lain, baik itu Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Mandailing, dan Angkola. Sehingga ada marga di Toba yang sama (bersaudara) dengan marga di Karo, Simalungun dan lain-lain. Disini saya tidak akan membahas semua marga yang saling berhubungan antar puak, namun khusus untuk marga yang tergabung dalam Siopat Pisoran.

Sebenarnya semua marga bersaudara jika kita menarik lebih jauh ke atas, karena semua marga bersumber dari satu sumber yaitu keturunan Raja Batak. Tetapi tiap-tiap marga ada kelompoknya sendiri yang lebih dekat sering disebut namardongan tubu. Kelompok marga ini ada yang lebih dari satu puak.
Baca Juga: Macam- Macam Tulang (Ragam Ni Partuturon Tulang) Batak Toba

Sekarang kembali ke pertanyaan, marga apa saja yang termasuk dalam  Siopat Pusoran di Simalungun, Mandailing, Pakpak, Karo, dan Angkola?
Sejauh yang saya ketahui tidak ada marga yang tergabung dalam Siopat Pusoran, hanya di Batak Toba saja.

Bagaimana dengan marga Hasibuan yang di Mandailing dan Angkola? Apakah masih sama dengan Siopat Pusoran?

Memang marga-marga Siopat Pisoran adalah keturunan Raja Hasibuan. Tetapi Siopat Pusoran tidak memakai marga Hasibuan, jadi menurut saya Hasibuan dan Siopat Pusoran secara kelompok marga sudah berbeda, tetapi sama-sama dari  keturunan Raja Hasibuan.

Sekian pembahasan mengenai marga yang memiliki hubungan dengan Siopat Pusoran di semua puak Batak. Saya terbuka untuk perbaikan tulisan ini, jika pembaca punya masukan silahkan memberikan komentar di sini.

Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

Post a Comment for "Marga Yang Bersaudara Dengan Siopat Pusoran di Semua Puak Batak"