Budaya Batak Toba yang Sudah Hilang

Budaya Batak Toba yang sudah hilang - Heffri Hutapea Blog
Bangsa Indonesia mempunyai banyak etnis, suku, dan kepercayaan. Dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia mempunyai banyak ragam kebiasaan unik yang berbeda-beda tiap daerah. Salah satunya budaya yang dimiliki suku Batak Toba. Tapi sayangnya seiring pertumbuhan jaman, banyak kebiasaan unik dari  penduduk Indonesia yang hampir punah atau hilang di telan jaman. Salah satu yang dapat kita bahas adalah kebiasaan unik dari suku Batak Toba yang mulai hilang di telan jaman. Ingin tahu kebiasaan suku Batak Toba apa saja yang mulai hilang di telan jaman?  berikut ini ulasannya.

Budaya Batak

Maranggap atau Melek-melekan

Maranggap atau melek-melekan merupakan kebiasaan klasik bagi suku Batak Toba. Maranggap bentuk dari rasa kekeluargaan dan saling menghormati antar orang-orang di kampung zaman dulu, yang diwariskan nenek moyang dari generasi ke generasi.

Maranggap atau melekmelekan

Maranggap merupakan salah satu kebiasaan yang hampir punah tergerus zaman. Kegiatan maranggap dilakukan apabila dalam sebuah kampung ada wanita yang melahirkan. Selama tujuh malam para warga sekampung dapat tidur sambil kongko-kongko di rumah wanita yang tengah melahirkan. Biasanya para kaum bapak yang datang maranggap bermain judi kartu, atau  sering disebut marleng untuk menghabiskan waktu dan ini dianggap suatu hal yang wajar atau legal. Sebagai ucapan dari pihak tuan rumah biasanya menyediakan kopi atau teh manis dan makanan ringan misalnya lappet bagi tamu yang datang.

Dulu melahirkan dirasakan sebagai suatu hal yang istimewa, wanita yang melahirkan sangat dperhatikan, dilindungi dan dimanaja suami. Kehadiran para warga sekampung lebih-lebih kampung sebelah untuk maranggap membuat wanita yang melahirkan mendapat bantuan dan perhatian secara psikologis.

Marsiadapari

Marsiadapari atau marsadapari membawa makna yang sama dengan gotong royong atau kerjasama. Bagi suku Batak, marsiadapari jadi kebiasaan sejak lama dalam perihal pengerjaan di sawah atau ladang, dan juga untuk aktivitas pesta adat.
Jadi, aktivitas ini dikerjakan dalam rangka saling membantu antara satu dengan yang lain. Hal ini terhitung jadi kebiasaan tersendiri bagi orang Batak saat musim panen atau marsuan (menanam).

Marsadapari

Uniknya lagi, marsiadapari ini dikerjakan dengan penuh tanggung jawab bahwa pekerjaan itu dianggap sebagai miliknya, agar hasilnya dapat lebih baik. Sehingga aktivitas marsiadapari perlu untuk diwariskan bagi kaum muda waktu ini.

Kegiatan ini disayangkan sudah mulai memudar. Memudarnya aktivitas marsiadapari bukan hanya bagi mereka yang tinggal di daerah perkotaan, marsiadapari terhitung sudah jarang kita lihat di daerah "bonapasogit" (kampung halaman). Kebanyakan orang sekarang lebih memilih dibayar dengan uang sebagai upah bekerja diladang orang lain karena dianggap lebih praktis. Kendati memang tetap bisa kita temukan aktivitas marsiadapari di daerah-daerah tertentu yang tetap eksis mempertahankan kebiasaan ini.

Demikianlah budaya orang Batak yang sudah hilang, semoga saja kita dapat menghidupkan kembali budaya-budaya tersebut.

13 Responses to "Budaya Batak Toba yang Sudah Hilang"

  1. Ternyata globalisasi banyak menghilangkan budaya ya bro.

    ReplyDelete
  2. Iya bro.. selain ada dampak positif ada juga negatifnya globalisasi.

    ReplyDelete
  3. Sangat Membantu, Jangan lupa Berkunjung ya gan Info Beritakini Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bisa tau budaya lain. Hehehe mantap

    ReplyDelete
  5. sayang sekali budaya2 tersebut bisa hilang karena globalisasi

    ReplyDelete
  6. Hampir semua budaya daerah sudah jarang dilestarikan gan. Sudah terjajah dengan budaya-budaya barat. Apalagi di kota-kota. Kalau di kampung atau pelosok mungkin masih sering melestarikan budaya daerahnya masing-masing.

    ReplyDelete
  7. Banyak sekali informasi yang disediakan disini. Jujur saja, saya cukup merasa senang dengan apa yang sudah saya temukan disini. Jadikan karya menjadi inovasi dan memberikan kegunaan buat banyak orang. Sukses terus yeah :)
    https://infomenarik.id/

    ReplyDelete
  8. Marsiadapari itu persis q banget wkwkw

    ReplyDelete
  9. Games.online IONQQ.GAMES. pin BB :58ab14xf5
    silahkan daftar dan dapatkan keuntungan yang besar dengan bermain di IONQQ.GAMES:)

    ReplyDelete
  10. artikel yang sangat bermanfaat :)
    berkunjung juga ke mukiller.net

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel