4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyelam (Snorkeling)

Sebelum melakukan snorkeling Kamu perlu memperhatikan beberapa hal dan tips menyelam dengan benar. Snorkeling adalah kegiatan menyelam dipermukaan air laut untuk melihat pemandangan dalam air. Sehingga banyak traveler yang mengunjungi sebuah pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam.

Menyelam, diving, scuba
Snorkeling

Snorkeling biasanya dilakukan di tepi pantai dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 5 meter. Berbeda dengan diving atau scuba yang membutuhkan keahlian untuk melakukannya, snorkeling dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa baik yang masih pemula tetapi tetap harus mengikuti syarat dan prosedur snorkeling.

Beberapa perlengkapan dasar untuk memulai snorkeling seperti: Alat pernapasan berupa selang berbentuk huruf J (Snorkel), Masker untuk menutup mata dan hidung, dan sepatu kaki katak untuk membantuk pergerakan. Setidaknya untuk bisa memulai snorkeling kita harus memiliki masker untuk melindungi mata dan hidung agar kita dapat melihat dalam air laut.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan snorkeling

1. Kenali lokasi menyelam
Kebanyakan orang melakukan snorkeling di air laut dibandingkan dengan air tawar. Menurut saya pemandangan bawah air laut lebih indah karena banyak terumbu karang dan spesies ikan. Oleh sebab itu kamu perlu mengenali karakteristik air laut yang asin, dan gelombangnya lebih besar dari air tawar. Jangan menyelam di tempat yang banyak bulu babi.

2. Gunakan peralatan dengan benar
Partikan perlatan yang kamu pakai terpasang dengan benar, misalnya masker penutup mata dan hidung jangan sampai ada celah supaya air tidak masuk dan membuat mata perih. Selain itu kamu juga harus memahami cara menggunakan peralatan, dan yang terpenting bersihkan lebih dahulu alat snorkel yang akan kamu pakai. Gak maukan memakai alat snorkel bekas mulut orang lain?

3. Jangan merusak
Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Jangan pernah merusak terumbu karang atau apapun yang kamu lihat. Kamu juga tidak boleh menginjak karang apalagi sampai membuat rusak.

4. Berhati-hatilah dan utamakan keselamatan
Jika kamu tidak bisa berenang selalu pakai jaket pelampung. Dengarkan arahan dari pemandu dan berhati-hatilah jangan sampai menginjak bulu babi yang ada di dasar laut.
Baca Juga: Kumpulan Puisi Singkat Tentang Cinta
Nah, itulah beberapa hal sederhana yang harus kamu perhatikan sebelum mencoba snorkeling. Jangan lupa berdoa sebelum memulainya dan have fun.

3 Responses to "4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyelam (Snorkeling)"

  1. Pernah nyoba beberapa kali, tapi belum maksimal. Emg perlu latihan bernafas menggunakan mulut

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel