Tips Hidup Bahagia Menurut Orang Batak Dengan 5M

Tips hidup bahagia menurut orang Batak hanya dengan 5M ini dapat membuat hari-hari kita menjadi lebih baik jika kita benar-benar menerapkannya. Tips hidup bahagia hanya dengan 5M ini bukan berarti kita harus memiliki uang sebanyak 5 Milyar. Karena meskipun memiliki banyak uang belum tentu seseorang merasa bahagiah menjalani hidupnya.


Tips hidup bahagia dengan metode 5M adalah singkatan dari bahasa Batak yaitu: Mulak, Maridi, Mangan, Martangiang dan Modom. Jika kita dapat melakukan kelima tips diatas dengan rutin dan teratur dapat meeningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang usia.

Berikut ini penjelasan mengenai tips hidup bahagia orang Batak hanya dengan 5M.
1. Mulak
Mulak dalam bahasa Batak artinya pulang. Saat kita melakukan pekerjaan sepanjang hari ingatlah untuk pulang tepat waktu. Jika kita bekerja di kantor atau perusahaan tentu sudah memiliki jam pulang yang tetap, berbeda jika kita bekerja di sawah atau ladang, jangan sampai matahari harus tenggelam dulu baru pulang.

2. Maridi
Maridi artinya mandi. Setelah sampai kerumah segeralah mandi sebelum melakukan aktivitas lainnya, misalnya menonton tv. Mandi bermanfaat menyegarkan kembali tubuh yang sudah lelah melakukan aktivitas seharian.

3. Mangan
Mangan artinya makan. Jangan lupa makan makanan yang bergizi dengan tepat waktu. Perut kosong dan terlambat makan dapat menyebabkan penyakit. Selain itu tubuh juga membutuhkan makanan sebagai sumber energi.

4. Martangiang
Martangiang artinya berdoa. Ucaplah selalu syukur atas hari-hari yang telah kamu jalani dan mintalah berkat dan penyertaan Tuhan bagimu.

5. Modom
Modom artinya tidur. Setelah selesai melakukan kegiatan sepanjang hari kamu juga harus tidur tepat waktu. Tidur bermanfaat untuk memulihkan tenaga dan menyegarkan kembali tubuhmu untuk melakukan aktivitas esok harinya.

Baca Juga: Cerita Inspiratif Batak Tentang Ibu
Rahasia hidup bahagia diatas memang terlihat sederhana, tetapi memiliki manfaat yang luar biasa jika kita melakukannya dengan baik. Demikianlah tips 5M (mulak, maridi, mangan, martangiang, dan modom) yang saya ambil dari bahasa Batak.
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

1 Response to "Tips Hidup Bahagia Menurut Orang Batak Dengan 5M"

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel