Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Marga Hutapea

Hutapea

     Hutapea adalah salah satu dari ratusan marga-marga yang ada dalam suku Batak.Marga Hutapea hanya dijumpai pada etnis Batak Toba.Meskipun berasal dari etnis yang sama, namun ada dua jenis marga Hutapea yang berbeda satu sama lainnya yaitu: Hutapea Tarutung atau Hutapea Silindung
atau dikenal juga dengan sebutan Hutapea Siopat Pisoran dan Hutapea Laguboti atau Hutapea Toba.

Berikut ini beberapa fakta unik tentang marga Hutapea yang saya rangkum.

1.Berbeda Bonapasogit atau kampung halaman
Dari namanya kita dapat langsung mengenali kampung halaman kedua marga Hutapea ini.Hutapea Tarutung berasal dari daerah Tarutung Tapanuli Utara, sedangkan Hutapea Laguboti berasal dari daerah Laguboti Toba Samosir.



2.Tarombo atau silsilah yang berbeda
Hutapea Tarutung merupakan keturunan dari Guru Mangaloksa yaitu anak kedua Hasibuan.Guru mangaloksa mempunyai empat orang anak yaitu, Hutabarat, Panggabean, Hutagalung, Hutatoruan.Dari keturunan Hutatoruan inilah lahir marga Hutapea dan Lumban Tobing.Sedangkan Hutapea Laguboti merupakan anak dari Puraja Laguboti putra bungsu dari Sipaettua.Hutapea laguboti memiliki saudara yaitu marga Pangaribuan.


3.Penomoran Generasi
Untuk Hutapea Tarutung ada penomoran yang di mulai dari si Raja Hutapea sebagai generasi pertama ke generasi berikutnya.Turut juga dicatat nama-nama tiap generasi.Tujuannya untuk mempererat hubungan antar marga Hutapea yang mungkin hanya terpaut hanya beberapa generasi dan juga untuk memudahkan memberikan sebutan yang lebih tepat apabila dua orang Hutapea bertemu.Untuk Hutapea Laguboti penulis kurang mengetahui apakah memakai sistem seperti ini juga atau tidak, bagi pembaca yang mengetahui boleh di tambahkan di kolom komentar.

4.Sebenarnya Boleh Saling Menikahi
Dikarenakan tidak berasal dari satu garis keturunan, kedua Hutapea ini bisa marlae (Ipar) sebenarnya boleh untuk saling menikahi antara Hutapea Tarutung dan Hutapea Laguboti.Tetapi sampai saat ini belum pernah dijumpai yang seperti ini.Khususnya dalam keluarga Hutapea yang beragama Kristen.

5.Sama-sama menjaga hubungan baik
Meskipun hanya memiliki kesamaan marga namun apabila dua Hutapea yang berbeda bertemu biasanya akan selalu saling menjaga rasa kekeluargaan sesama keturunan Batak, dan saling menghargai.

Selain itu ada hal lucu dari marga Hutapea, tetapi ini hanyalah sebatas humor saja.Marga HUTAPEA jika di panjangkan menjadi Hubungan Tanpa Perasaan Apa-apa, pantas saja marga Hutapea pandai bermain cinta hahaha...

Sekian tulisan saya kali ini, jika terdapat kesalahan mohon di maafkan, Horas.
Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

14 comments for "Fakta Unik Marga Hutapea"

  1. Molo appara hutapea nadia do,Sabungan Unok manang Bosi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Horas, au hutapea unok. No 14.

      Delete
    2. awa pun bang
      unok no 14

      Delete
    3. Salam kenal buat kita, saya lebih detailnya keturunan Ompu Tuan Namarngingi

      Delete
  2. Luar biasa nih kawan yang satu ini

    ReplyDelete
  3. Horas, Salam kenal hutapea bosi no 16 🙏🙏

    ReplyDelete
  4. Rosdiana Hutapea10 January 2023 at 20:07

    Saya hutapea apa ya? Bingung juga. Soalnya aku brokenhome. Jadi gk dekat dengan keluarga. Mohon penjelasan nya ito

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!