Mengenal Marga Hutapea Unok


Hutapea Unok adalah anak kedua dari Raja Hutapea Tarutung. Jika dirunut dari si Raja Batak maka Hutapea Unok berada pada keturunan (sundut) kesepuluh dengan urutan sebagai berikut: 1.Si Raja Batak -- 2.Raja Isumbaon -- 3.Tuan Sorimangaraja -- 4.Tuan Sorbadibanua alias Sisuanon -- 5.Siraja Sobu alias Toga Sobu -- 6.Hasibuan -- 7.Guru Mangaloksa -- 8.Hutatoruan -- 9.Raja Hutapea -
- 10.Hutapea Unok.

Baca Juga:
Cerita Tentang Guru Mangaloksa

Apakah artinya Hutapea Unok?
Hutapea Unok dapat kita artikan dari kata-kata yang membentuknya yaitu berasal dari kata Hutapea dan kata Unok.Untuk kata Hutapea menunjukkan nama marga sedangkan Unok artinya bagian tengah dari sebuah pohon yang biasanya bersifat lunak.Karena Raja Hutapea mempunyai tiga orang anak, yang pertama Hutapea Sabungan, yang kedua Hutapea Unok, dan yang ketiga Hutapea Bosi.Jadi secara sederhana Hutapea Unok memiliki makna keturunan yang berada di urutan tengah dari anak Raja Hutapea, yaitu anak kedua.

Bagaimana hubungan keturunan Hutapea Unok dengan keturunan Hutapea lainnya?
Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya Hutapea Unok memiliki seorang abang dan seorang adik.Beginilah keturunan Hutapea Unok menyebut mereka:
1.Untuk keturunan abangnya (Hahana)
  • Memanggil abang jika keduanya memiliki nomor generasi yang sama, sebutan untuk keturunan perempuan (boru)  ito.
  • Memanggil amang tua, atau opung  kepada yang memiliki nomor generasi lebih rendah, sebutan untuk keturunan perempuan (boru) namboru.
2.Untuk keturunan adiknya (Anggina)
  • Memanggil adik jika keduanya memiliki nomor generasi yang sama, sebutan untuk keturunan perempuan (boru)  ito.
  • Memanggil amang uda, atau opung  kepada yang memiliki nomor generasi lebih rendah, sebutan untuk keturunan perempuan (boru) namboru.

Sebutan untuk sesama keturunan Hutapea Unok
Sama seperti marga-marga Siopat Pisoran lainnya, Marga Hutapea Unok juga memakai sistem penomoran garis keturunan.Penomoran ini sangat penting dalam untuk menentukan sebutan yang tepat antar keturunan Hutapea Unok.Maka untuk itu perlu martarombo atau bertutur.

Tarombo Siraja Hutapea
Martarombo merupakan salah satu tradisi suku Batak yang dilakukan untuk mengetahui kekerabatan antarsuku Batak.Kata martarombo berasal dari kata 'tarombo' artinya silsilah sedangkan 'mar 'adalah kata kerja.Jadi martarombo merupakan kegiatan untuk saling mengetahui silsilah.

Baca Juga:
Tarombo Siraja Hutapea

Beginilah contoh cara martarombo  yang baik dan benar antar keturunan Hutapea Unok yang belum saling mengenal.

Tanyakan nomor keturunan masing-masing.Ada 3 kemungkinan yang terjadi,
  • yang pertama nomor dia lebih kecil, maka dia lebih dituakan dari segi generasi.
  • Yang kedua nomor dia lebih besar, artinya kita lebih tua dari segi generasi.
  • Yang ketiga memiliki nomor yang sama, artinya kita sama tingkatnya dari segi generasi.Biasanya orang suka menyebut appara (saudara semarga).
Tidak cukup sampai disana, kita perlu menanyakan lebih jauh untuk mendapat sebutan yang paling tepat dengan menanyakan nama pendahulu-pendahulu generasinya atau namanya opungnya.

Sebagai contoh, anak Hutapea Unok ada dua yaitu Raja Panjahut dan Raja Mangimpal.Maka tetaplah keturunan Raja Panjahut yang dituakan oleh keturunan Raja Mangimpal.Sebutan yang mungkin untuk keturunan Raja Panjahut adalah abang/haha, amang tua (bapa tua) dan opung sedangkan sebaliknya sebutan untuk keturunan Raja Mangimpal adalah anggi, amang uda (bapa uda) dan opung. Perlu diperhatikan semuanya harus disuaikan dengan nomor, jika terpaut satu generasi diatas disebut amang tua/uda, jika terpaut dua generasi diatas disebut opung.

Jika bertemu dengan seseorang yang sama-sama keturunan Raja Panjahut atau sama-sama keturunan Raja Mangimpal.Maka kita kita harus turun satu generasi lagi kebawah untuk menentukan tarombo.Misalnya sama-sama keturunan Raja Mangimpal maka kita tanyakan dia keturunan opung yang mana, apakah opung Runggu, opung Isorba, opung Tuan Namarngingi, atau opung Boltok Martua.

Begitulah seterusnya sampai kita menemukan titik yang berbeda, lalu kita dapat menyimpulkan sebutan yang tepat.Dengan adanya tarombo dan nama generasi yang dicatat tidak jarang kita menemukan orang-orang yang hanya terpaut 3 sampai 5 generasi dengan kita.

Manfaatnya kita dapat menemukan saudara-saudara semarga baru yang memiliki hubungan kekeluargaan dekat dengan kita dan mempererat hubungan kekeluargaan.Dimanapun marga Hutapea tetap sisada anak si sada boru, artinya merasa bahwa setiap marga dan boru Hutapea adalah keturunannya sendiri.Horas ma dihita, sai Tuhanta ma mamasu-masu hita sude pomparan ni Hutapea.

11 Responses to "Mengenal Marga Hutapea Unok"

  1. I like this 😍😍
    Moga" bukan marganya ajh yg aq tau.ikut jg lh sama hatinya.wkwk

    ReplyDelete
  2. Mantap gan
    From ceramah singkat 42

    ReplyDelete
  3. Deep discussion, mantap terus!

    ReplyDelete
  4. nice posting gan.. jdi sya tau cara menemukan marga dibatak.. saya sangat suka baju tradisional batak dari simalungun bro..kemarin saat fashion show di cina bnyak yang suka kainnya..mantaap.lnjutkan trus bro...

    ReplyDelete
  5. banyak banget ya marga batak itu , waktu kuliah dulu ada namanya tampubolon sama simanulang itu termasuk marga juga ya ?

    ReplyDelete
  6. Mantap gan info nya, baru tau ternyata marga batak banyak ya.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel