Inilah Prinsip Hidup Orang Batak.

HEFFRI HUTAPEA BLOG - Inilah Prinsip Hidup Orang Batak.
Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang kaya akan suku dan budaya dan setiap suku memiliki prinsip yang dipegang teguh turun-temurun, salah satunya suku Batak.  Mereka menjunjung prinsip yang sudah ditanamkan oleh orang tua mereka sejak lahir di mana pun mereka berada.



Budaya Batak berbeda dengan budaya lain mulai dari adat istiadat, kekerabatan, bahasa, kesenian, kepercayaan, serta prinsip orang yang dipegang orang Batak itu sendiri.Bahkan kamu yang sekalipun bukan suku Batak, boleh mengadopsi beberapa prinsip hidup suku Batak yang unik ini.

Apa saja prinsip hidup orang Batak?


1.Anakkonhi do hamoraon diau (Anakku adalah kekayaan bagiku)

Memiliki anak adalah sebuah kekayaan yang tidak ternilai bagi suku Batak melebihi harta materi. Dianggap sebuah berkat yang sangat besar jika memiliki memiliki anak sulung laki-laki. Anak laki-lakilah yang akan menjadi penerus marga ayahnya.
Orang Batak akan melakukan apa saja demi kesuksesan anaknya. Mereka rela membanting tulang untuk memenuhi kebutuhan anaknya.

2.Hagabeon, Hasangapon, Hamoraon ( Kesuksesan, Kehormatan, Kekayaan).

Ini merupakan ukuran kesuksesan bagi orang Batak dan menjadi cita-cita bersama. Prinsip ini jadi motivasi buat kebanyakan suku Batak untuk bekerja keras agar berhasil  menjadi sukses, kaya, dan dihormati. Arti sukses disini adalah sukses baik dalam bidang pendidikan maupun karir. Sedangkan kehormatan adalah sikap yang santun dan tidak mencemarkan nama baik keluarga. Sedangkan yang dimaksud kekayaan bersifat relatif dimaknai dengan hal semakin banyak memberi maka akan semakin banyak menerima juga.

3.Pogos di arta alai mamora di adat (Walaupun miskin harta tetapi kaya adat)

Adat menempati posisi paling tinggi dan dipegang teguh dalam hidup suku Batak. Adat menjadi penuntun untuk saling menghargai dan menghormati orang lain. Kemiskinan secara ekonomi tidak berpengaruh bagi seseorang untuk memiliki status sosial yang tinggi dalam adat Batak. Tingkatan ekonomi menjadi suatu hal yang dikesampingkan apabila berhubungan dengan suatu hal yang berbau adat.

4.Loyal kepada teman

Hancur demi kawan itulah istilahnya, orang Batak memiliki rasa setia kawan yang tinggi. Selama tidak ada pengkhianatan mereka akan melakukan apa saja demi kawannya. Jadi jangan pernah ragukan loyalitas sesama orang Batak, begitu juga loyalitas yang sama akan ditunjukkan kepada temannya yang bukan Batak selama tidak dicurangi.


Gbr Foto Keluarga


5. Dalihan Natolu

Prinsip ini adalah prinsip paling sakral bagi orang Batak. Somba marhula - hula, manat mardongan tubu, elek marboru (Hormat kepada keluarga pihak istri, hati-hati atau saling menjaga kepada sesama kawan semarga, mengayomi anak perempuan satu marga). Prinsip yang berarti tiga aturan utama ini harus dipatuhi oleh orang Batak dimanapun berada. Ketiga prinsip inilah yang membuat orang Batak memiliki kekerabatan yang erat seperti sekarang ini

6.Kerja apa saja, asal halal

Prinsip yang satu ini mesti ditiru semua orang. Orang Batak memiliki prinsip kerja keras apapun bidang pekerjaannya. Menjadi sopir angkot, tukang tambal ban, tukang las, dan tukang ojek pun tidak masalah yang penting halal dan tidak merugikan orang lain. Pengangguran dan menjadi pengamen adalah sesuatu yang memalukan bagi orang Batak

7.Pantang pulang sebelum sukses

Bagi orang Batak yang merantau, pantang pulang sebelum sukses prinsip ini menjadi harga mati. Kecuali ada acara penikahan keluarga dan ada keluarga yang meninggal dikampung. Makanya banyak orang Batak penggila bekerja.

8.Menikah setelah mapan

Orang Batak diharuskan hidup mapan baik bagi laki-laki maupun perempuan sebelum menikah. Makanya sangat jarang kita temui orang Batak yang menikah di usia remaja, itu karena tuntutan yang satu ini. Sepertinya semua orang setuju dengan prinsip ini, mau makan apa nantinya kalau menikah sebelum mapan? Selain itu juga biaya pernikahan suku Batak termasuk mahal dibandingkan suku lainnya.

9.Marsipature hutana be (Membangun kampung masing-masing)

Prinsip ini sangat penting demi mengharumkan nama suku Batak. Orang Batak yang sudah sukses diharapkan berkontribusi untuk membangun kampungnya, jadi tidak ada istilah kaya sendiri. Cara membangun kampung bisa bermacam-macam, tidak harus kembali ke kampung bisa juga dengan membuat bangga mereka.

10.Pantun hangoluan, tois hamagoan (Sikap santun membawa kehidupan, sombong membawa malapetaka)
Prinsip ini selalu dibawa oleh orang Batak saat berada perantauan. Inilah yang membuat kebanyakan orang Batak cukup gampang berbaur dengan siapa saja yang ditemuinya. Agar sukses dan dapat diterima masyarakat diperantauan kamu harus menjaga sikap sesuai adat-istiadat ditempat kamu merantau.

Nah, itulah 10 prinsip hidup orang Batak yang dapat kamu teladani, yuk mulai ingat-ingat lagi prinsip-prinsip di atas.

5 Responses to "Inilah Prinsip Hidup Orang Batak."

  1. post nya bagus dan sangat bermanfaat hu . tapi kalo lagi buat postingan jangan lupa istirahat sejenak biar kesehatan tetap terjaga . coba baca post ane https://www.ayosehatkan.com/

    ReplyDelete
  2. Bener Bgt.. Yg No 4. Pnya temen keturunan batak, dia sering ngasih makanan ke ane. Tapi giliran ane ngasih makanan ke dia malah gkk mau :v

    ReplyDelete
  3. salam kenal ya,mari bermain bersama kami di www.fanspoker.com
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel