Tips Mengelola Waktu Dengan Baik Menurut Kristen

Tips Mengelola Waktu Dengan Baik Menurut Kristen - Mengelola waktu dengan baik menurut kekristenan adalah suatu upaya menggunakan waktu yang diberikan Tuhan dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan apa yang tertulis di Alkitab. Waktu tidak akan akan pernah menunggu kita, dan tidak dapat kembali itulah alasan mengapa kita harus memanfaatkan waktu dengan efisien.
Tips mengelola waktu

Lalu adakah ayat didalam Alkitab tentang waktu? Inilah beberapa ayat di Alkitab yang membahas tentang waktu, contohnya sebagai berikut :

Efesus 5:16
dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
Amsal 10:5
Siapa mengumpulkan pada musim panas, ia berakal budi; siapa tidur pada waktu panen membuat malu.

Bagaimana cara mengatur waktu dengan baik? Berikut ini tips mengelola waktu dengan baik yang dapat Anda terapkan.

1. Memiliki tujuan yang jelas
Sebagai orang Kristen salah satu tujuan hidup kita adalah untuk memuliakan Allah. Jika kita tidak memiliki tujuan yang sudah dipertimbangkan dengan baik, atau tanpa sasaran yang jelas, akibatnya akan banyak membuang-buang waktu. Namun bila tujuan telah ditetapkan, maka waktu yang digunakan akan lebih efektif karena kita akan fokus pada tujuan tersebut. Oleh sebab itu tetapkan apa yang ingin Anda capai.

2. Memiliki rencana yang detail
Rencana yang rinci diperlukan untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk memulai, dan langkah-langkah apa yang mesti dilakukan. Memang tidak ada orang membuat rencana untuk gagal, pikirkan dan pertimbangkan rencana yang Anda buat.

3. Membuat daftar kegiatan setiap hari
Daftar kegiatan yang ditulis membantu Anda untuk menentukan mana yang penting dan yang kurang penting untuk dilakukan. Jangan sampai waktu untuk hal-hal yang penting digantikan untuk melakukan yang tidak berguna. Dengan adanya daftar yang ditulis bukan berarti kita mengekang Roh Kudus untuk berkarya dengan bebas dalam diri kita, jangan menjadikan daftar yang kita buat menjadi satu-satunya yang mengontrol kita.

4. Menetapkan skala prioritas
Tidak semua kegiatan dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Buatlah skala prioritas agar waktu yang tersedia dapat digunakan sebaik-baiknya untuk suatu tugas atau kerja yang lebih bernilai.

5. Lakukan tugas dengan tekun

Pusatkan perhatian pada tugas dan lakukan dengan tekun sampai tugas itu tuntas. Ketidaktekunan hanya akan membuang-buang waktu  yang ada tanpa dapat menyelesaikan tugas sesuai rencana.

Selain 5 tips diatas, ada hal penting lainnya untuk mengelola waktu agar lebih baik, yaitu.

  • Keberanian untuk mengatakan “tidak“ ketika setiap orang disekitar Anda mengatakan “ya”. Diperlukan keberanian untuk melaksanakan tugas secara diam-diam, tanpa diketahui orang. Jangan malu menjadi berbeda jika Anda melakukan yang benar.
  • Menunda pekerjaan  adalah pemborosan waktu, jangan pernah menunda melakukan daftar prioritas yang telah Anda buat. Lakukanlah apa yang sudah menjadi rencana tugas.
  • Tegas untuk menolak ajakan yang datang atau keinginan yang mendadak timbul melakukan hal lain. Tetap konsisten untuk mengutamakan tujuan yang telah ditetapkan, tanpa menghalangi kerja Roh Kudus.

Demikianlah cara mengelola waktu sesuai ajaran kristen, tetaplah meminta penyertaan Tuhan dalam melakukan setiap kegiatan Anda.

10 Responses to "Tips Mengelola Waktu Dengan Baik Menurut Kristen"

  1. Menurut keprcayaan masing - masing memang sesuatu yg tdk bisa dilupakan ;)

    ReplyDelete
  2. sangat mantap artikelnya bro
    saya sendiri sedikit susah dalam mengelola waktu hehe

    ReplyDelete
  3. mari segera bergabung dengan kami.:)
    di ajoqq.club/games.^^
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.
    segera di add black.berry pin 58CD292C.AJoQQ.club/games.:)

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel