Arsik Masakan Khas Batak yang Sehat dan Enak


Arsik merupakan salah satu masakan khas suku Batak yang sudah terkenal diseluruh tanah air. Arsik menggunakan andaliman sebagai rempah utama yang menjadi ciri makanan dari daerah Tapanuli dan bahan utama arsik biasanya ikan air tawar. Kata "Arsik" atau "mangarsik" memiliki arti "mengeringkan", karena pada proses pengolahannya dengan cara merebus ikan dengan campuran rempah hingga air rebusan hampir kering.

Ikan Arsik


Dalam upacara adat Batak, Arsik merupakan menu yang wajib ada.  Biasanya ikan Arsik dimasak dengan tambahan bahan lain seperti, Bawang Batak, rias atau Kecombrang atau Kacang Panjang, dalam bahasa Batak tambahan bahan yang ditambahkan ini di sebut uram-uram. Selain enak, makanan yang identik dengan warna kuning ini juga baik untuk dikonsumsi. Berikut ini manfaat ikan yang di arsik.

1. Baik untuk aliran darah dan untuk kesehatan kulit
Ikan banyak mengandung omega 3 dan minyak ikan yang baik untuk menghaluskan kulit dan memperlancar aliran darah. Sedangkan bumbu seperti kecombrang dan bawang batak bermanfaat untuk menyeimbangkan zat berbahya bagi tubuh.

2. Cocok bagi yang lagi diet
Masakan Arsik memiliki kalori yang rendah meskipun berbahan ikan, serta bumbu yang digunakan rendah lemak.

Selain manfaat diatas, dalan pengolahan masakan Arsik tidak menggunakan penyedap rasa dan dimasak tidak memakai minyak, jadi mengkonsumsi ikan Arsik tidak perlu takut terkena kolestrol.

Nah, jika teman-teman pengunjung blog ini yang ingin mencoba memasak ikan Arsik, dapat mencari resepnya di buku-buku resep masakan atau dari internet, semoga berhasil.

Satu hal yang membuat saya terkesan, saat ibu-ibu orang Batak membuat takaran bahan-bahan bumbu ikan arsik hanya berdasarkan feeling dan tanpa membuka buku resep. Saat menakar aneka bahan, seolah-olah semuanya sudah terprogram secara otomatis. Tapi setelah saya pikir-pikir lagi, kemudian saya paham, itulah seni memasak yang sesungguhnya, di mana si pembuat masakan leluasa berkreasi sekehendak hati dan pikirannya tanpa dibatasi aturan-aturan baku. Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru yang paling berharga, itu adalah fakta.

3 Responses to "Arsik Masakan Khas Batak yang Sehat dan Enak"

  1. jadi pingin nih, apalagi banyak manfaatnya buat tubuh.

    ReplyDelete
  2. Masakan Khas Batak yg satu ini memang TOP, selain enak tetapi juga menyehatkan, thank udah posting, jadi tahu sekarang

    ReplyDelete
  3. Entah kenapa ane suka bgt sama masakan batak :"v

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel