Ciri Utama Informasi Hoaks yang Penting Diketahui

Ciri ciri berita Hoax - Masyarakat harus  cerdas mengolah informasi dan mempelajari ciri utama kabar bohong atau hoaks. Harus diketahui efek negatif berita hoax berpotensi memecah-belah persatuan bangsa. Agar dapat membedakan hoax dengan informasi yang akurat kita harus benar-benar memahami perbedaannya.

Hoax

Berikut ini ciri-ciri utama hoax atau kabar bohong yang wajib untuk di pahami.


1. Informasi yang hanya sepotong

Kebanyakan hoaks dibuat dengan informasi yang sepotong namun menonjolkan daya tarik bagi siapapun untuk membaca atau melihatnya. Selain itu, tidak dilengkapi keterangan waktu, nama atau kontak pembuat, dan biasanya tidak ada tautan yang terpercaya, sekalipun ada sering mencaplok nama atau merek terkenal.


2. Menggunakan tautan palsu

Pembuat hoax biasanya membuat link ataupun URL website mereka seolah-olah serupa namun tak sama dengan situs sebuah merek atau perusahaan. Para sahabat blogger seharusnya sudah lebih tahu membedakan tautan mana yang asli dan yang palsu. 


3. Memanfaatkan isu yang viral

Agar cepat menyebar, konten hoax memakai isu yang sedang ramai atau menghebohkan. Sehingga mempengaruhi emosi dan membuat orang terpancing  dengan cepat membagikannya.


4. Memakai keterangan palsu

Kabar bohong menggunakan data yang tidak sesuai, seringkali berita hoax dilengkapi judul, gambar atau keterangan yang tidak terkait satu dengan lainnya. Supaya lebih meyakinkan hoax sering memakai angka-angka palsu, nama-nama palsu, data-data palsu, bahkan alamat palsu, bukan ayu ting-ting yah.


5. Konten yang menyasar banyak orang

Jika diperhatikan konten hoax biasanya terkait dengan orang banyak atau kelompok-kelompok masyarakat, tujuannya agar dengan sekali menyebar akan terus bergulir. Konten yang sering digunakan seperti masalah agama, kesehatan, politik, bencana alam, lowongan kerja, penipuan berhadiah, peristiwa yang aneh, dan hal-hal yang sedang viral.


6. Sering menggunakan kalimat persuasif

Hoax sering menggunakan kalimat ajakan atau berupa click bait untuk melakukan suatu tindakan dari pembacanya. Contohnya: "Ketik angka 1 maka gambar akan bergerak" dan banyak lagi kalimat-kalimat hoax yang mungkin Anda juga pernag tertipu olehnya.

Oleh sebab itu jika mendapat sebuah informasi, alangkah baiknya lebih dulu mencari tahu kebenaran informasi tersebut sebelum membagikannya. Jangan sampai Anda menjadi penyebar berita palsu atau hoaks.

19 Responses to "Ciri Utama Informasi Hoaks yang Penting Diketahui"

  1. Jika tak ingin terjebak hoak, telusuri informasinya secara mendalam. Jangan mudah terbuah dengan informasi-informasi yang sembarangan, cek media-media terpercaya. Mungkin itu gan salah satu tips buat mengantisipasi berita hoaks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali bro... kita harus cerdas memggunakan media.

      Delete
  2. Mantap ni informasi nya
    Apalagi sekarang hoax itu udh dimana²

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya, jadi tau kalo ada berita hoax

    ReplyDelete
  4. memang bener, HOAX memang sangat membaayakan, karena Hoax saudara saja bisa jadi musuhan..

    ReplyDelete
  5. makasih info nya bro, mampir juga yu bro IND2906

    ReplyDelete
  6. Nomor terakhir paling banyak diterapkan 😂. Click bait..

    ReplyDelete
  7. BerManfaat ini mas ayo kita berantas berita hoax dengan artikel berkualitas

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya ka

    Semangat untuk next artikel

    Kunjungi juga yu


    writerdaylight.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. Alangkah baiknya menulusuri informasi yang lebih mendalam dan tidak hanya berpangku pada satu sumber agar terhindar dari berita hoax

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel