Cara Membuat Grup Facebook Menjadi Ramai dan Aktif

Cara Membuat Grup Ramai dan Aktif - Memiliki grup facebook (FB) yang ramai dan aktif adalah impian semua admin. Namun tidak semua orang tahu bagaimana rahasia dan cara mengelola grup agar menjadi ramai. Jumlah anggota grup yang banyak bukan selalu patokan grup tersebut menjadi ramai. Sebuah group yang ramai memiliki peluang permintaan anggota baru untuk bergabung lebih besar.

Cara agar grup ramai


Perlu diketahui bahwa tipe pengguna media sosial sekarang bisa dikatakan tipe pemalas. Mengapa saya mengatakan begitu? Beberapa alasan yang menguatkan pendapat saya sebagai berikut:

1. Pengguna media sosial sekarang hanya ingin dihibur.
Kebanyakan pengguna media sosial hanya mencari hiburan, misalnya berupa cerita lucu, meme, dan video. Sangat sedikit mau berkontribusi membagikan karyanya sendiri.

2. Pengguna media sosial minim interaksi dan apresiasi
Kebanyakan pengguna media sosial hanya memberikan tanggapan berupa suka atau reaksi lainnya tanpa memberikan komentar atas kiriman orang lain. Padahal bagi si pembuat postingan komentar atas karyanya lebih berharga dibandingkan sekedar tanda suka.

Suka tidak suka itulah sifat netizen jaman sekarang ini. Untuk itu seorang pemilik grup baik di facebook, wa, dan sebagainya tentu harus pandai mensiasati agar grup yang dikelolanya tetap ramai. Tidak jarang kita temui di facebook grup yang beranggotakan ribuan orang sepi tanpa ada aktivitas atau menjadi grup mati.

Ada beberapa penyebab mengapa sebuah grup menjadi sepi, diantaranya: tidak ada kiriman baru di grup, terlalu banyak postingan spam dan promosi, dan grup yang tidak relevan lagi.

Lalu bagaimana caranya supaya grup menjadi aktif? Sebenarnya tidak sulit untuk meningkatkan interaksi di dalam grup, dan semua orang yang mengelola grup dapat melakukannya.

Cara agar grup facebook menjadi aktif dan ramai

1. Selalu mengupdate postingan grup

Seorang pengelola grup yang sepi wajib membuat kiriman di grup minimal satu kali sehari. Buatlah postingan yang fresh dan dapat membuat orang lain terdorong memberikan komentar.

2. Selalu menanggapi postingan member

Jika ada anggota grup yang membuat kiriman, berikan komentar, lebih baik lagi jika sampai terjadi interaksi saling balas komentar. Tips ini merupakan kunci mengambil hati member. Jika dia merasa nyaman dan di hargai, besar kemungkinan dia akan membuat post baru lagi di hari-hari berikutnya. Jadi jangan sia-siakan hal seperti ini.

3. Buatlah nama grup yang sesuai dengan topik yang dibahas

Nama grup yang kamu kelola harus sesuai dengan topik yang Kamu inginkan. Jangan sampai topik grup adalah cerita lucu, judul grup Kamu jual beli. Hal ini memudahkan anggota untuk membuat postingan yang sesuai dengan grup, dan membuat orang yang ingin bergabung dengan suatu grup tidak salah kamar.

4. Pastikan grup bersih dari spam


Spam dan promosi merupakan masalah yang bisa membuat anggota tidak nyaman di grup. Untuk mencegahnya itulah mengapa sebagian grup membutuhkan persetujuan admin sebelum kiriman anggota muncul di grup. Kamu harus menindak tegas atau memperingatkan member yang sering melakukan promosi atau spam di grup.

5. Buatlah grup yang relevan, trend, dan banyak di cari orang

Tidak semua topik grup dapat ramai dan aktif dengan mudah. Untuk itu buatlah grup yang relevan, maksudnya tidak ada masa expired-nya, grup yang membahas sesuatu yang sedang trend, dan grup yang banyak dicari orang, misalnya grup tentang agama, humor, olahraga, politik, dan lain sebagainya.

Tidak ada sesuatu yang besar dapat diraih dengan instant, semuanya butuh proses dan usaha. Demikianlah tips dan cara rahasia agar grup facebook menjadi ramai dan aktif.

8 Responses to "Cara Membuat Grup Facebook Menjadi Ramai dan Aktif"

  1. Lumayan juga kalau udah punya grup facebook sendiri apa lagi udah banyak anggota nya

    ReplyDelete
  2. Paling berat pas mengawali FP , masih 0 member , nyari member berat , udh ada puluhan gx ada yg interaksi di postingan . Mudahan trik agan bisa saya ikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali... harus pinterpinter sekarang kalau mau dapat banyak interaksi

      Delete
  3. Bagus triknya aq juga punya grop fb tpi gitu sepi

    ReplyDelete
  4. Ngadain kuis sama giveaway bisa bikin rame juga, tapi kalo giveaway emang harus sedia hadiah sih. Ngomong-ngomong grup Facebook katanya bisa dapet duit (di monetize) ya? Beneran tuh?

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel