40 Kata-Kata Motivasi Semangat Menjalani Hidup


Kata motivasi semangat menjalani hidup - Terkadang kita memerlukan motivasi untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik. Perlu untuk tetap optimis dan semangat melalui setiap hari- hari yang bisa saja muncul masalah. Kekuatan motivasi terbukti dapat membuat orang lebih percaya diri dan kuat. Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah membusukkan tulang, kutipan ayat Alkitab ini mempertegas bahwa kita harus tetap gembira menjalani hidup.

Kata Motivasi Semangat Hidup


Berikut ini kumpulan kata-kata motivasi agar tetap semangat menjalani hidup


1. Tidak buru-buru mengambil keputusan memang bijaksana. Tapi bila anda terlalu lama tidak mengambil keputusan, itu bukanlah hal yang baik. Karena jika kita membiarkan segalanya berlangsung tanpa kepastian, pasti ada yang dirugikan. Belajarlah untuk segera mengambil keputusan. Tetapkan batas waktu, dan ambillah keputusan pada saat yang sudah anda tentukan. Jadilah tegas!

2. Seorang pemenang selalu memandang semua penolakan, kesulitan, dan kegagalan sebagai proses untuk mempersiapkan dirinya menjadi pribadi yang terbaik. Gagal atau sukses bukanlah masalah. Karena selama kita melalui setiap rintangan dan kesulitan dengan usaha terbaik, maka di manapun kita berhenti, hasilnya akan selalu terbaik. Hari ini lakukanlah yang terbaik dari anda!

3. Yang menjadi masalah bukan seberapa berat beban anda, tapi bagaimana anda menanggung beban tersebut. Kalau dipikirkan berat, tentu menjadi berat dan bisa membuat putus asa. Tapi jika anda yakin dengan doa anda, maka Tuhan pasti membela anda dan mengeluarkan anda dari masalah sekarang. Doa anda ada yang mendengar. Imani saja, dan tetap berjuang, maka Yang Maha Mendengar Doa pasti menolong anda.

4. Hati-hatilah dengan emosi marah anda. Pada saat anda dikuasai emosi, anda bisa menjadi seorang monster yang menunjukkan keburukan anda di mata orang. Anda juga bisa merusak masa depan anda dengan mengambil keputusan yang tanpa pikir panjang. Tahan kata-kata anda pada saat marah, jangan mengucapkan keputusan sekenanya, jangan juga menyakiti orang. Berlakulah bijak dalam segala situasi!

5. Jangan hanya karena sebuah teguran, anda menghentikan langkah anda. Ingat, cita-cita anda jauh lebih mulia dari sekedar sakit hati. Tetap konsisten di jalur anda, jangan pedulikan kata-kata orang!

6. Jika kita sama sekali tidak bertindak karena takut dicela orang, mungkinkah harapan bisa terwujud? Jika kita berhenti di tengah jalan karena dihadang hambatan, mungkinkah harapan kita tercapai? Harapan tidak akan terwujud dengan sendirinya. Kejar dan uletlah dalam meraihnya!

7. Menurut survei, negara yang penduduknya paling bahagia di dunia adalah Denmark. Indonesia berada di urutan ke 79. Apa kunci kebahagiaan orang Denmark? Walaupun mereka tidak sekaya orang Amerika atau orang Jepang, tapi mereka selalu bersyukur dengan apa yang ada. Selain itu mereka cenderung punya keinginan yang realistis, tidak pernah berharap macam-macam. Hal ini membuat setiap kesuksesan kecil pun bisa membuat mereka begitu gembira. Jika menemui kegagalan, biasanya mereka lebih mudah menerima dan akan berusaha lagi.

8. Bakat saja tidak akan membuat anda sukses. Demikian juga, berada di tempat yang benar pada saat yang tepat. Anda harus bisa menjawab pertanyaan "Siapkah anda?" Anda harus siap memulai, siap menghadapi tantangan, siap berinovasi dan siap sebagai orang sukses. Kalau sudah siap, segera mulailah!

9. Kita merasa bangga karena mengerti tentang 'berpikir positif'. Tapi kadang-kadang kita berkata bahwa orang lain 'berpikir negatif' ketika menyampaikan pikirannya yang berbeda dengan pikiran kita. Padahal, mungkin saja, pada saat kita mengatakan bahwa dia negatif, sebenarnya diri kitalah yang 'berpikir negatif' terhadap dia. Pelajarilah lagi tentang 'berpikir positif' yang sebenarnya, dan amalkanlah untuk kebaikan kita dan orang lain. 


Baca Juga : Indahnya Sipinsur Geosite Objek Wisata Sekitar Danau Toba

10. Sebenarnya setiap situasi dalam kehidupan kita sebagai manusia merupakan sebuah ujian. Ada saat-saat tertentu di mana kita mengalami kekurangan. Dalam keadaan kekurangan seperti ini kita diuji apakah kita mau bergantung pada pemeliharaan Tuhan atau malah marah pada Tuhan. Sebaliknya, kelimpahan juga menjadi ujian bagi kita. Kehidupan yang diberkati dengan kelimpahan menjadi ujian apakah seseorang tetap setia pada Tuhan atau malah melupakanNya.

11. Sama seperti alat musik yang berbeda-beda bunyinya, kita tidak harus punya sikap yang sama dengan orang lain. Kita harus punya 'suara' sendiri, sikap yang baik, yang tidak terpengaruh lingkungan yang kotor. Jadilah diri anda sendiri, karena anda berhak menjadi orang baik!

12. Sepanjang hidup kita banyak masukan berharga untuk memperbaiki diri kita. Sayangnya ketika masukan itu sampai ke telinga kita, kita menganggapnya sebagai kritikan yang pedas yang menjatuhkan harga diri kita dan mempermalukan kita. Kita pun menganggap orang yang memberi masukan itu sebagai orang yang tidak di pihak kita. Masukan yang positif pun, kita anggap negatif. Kalau lain kali anda mendapatkan lagi masukan seperti itu, JANGAN LANGSUNG MEMBELA DIRI! Siapa tahu dari masukan itu kita bisa membangun diri menjadi lebih baik lagi.

13. Godaan berbohong muncul saat kita ingin orang memandang kita lebih dari siapa kita sebenarnya. Kita bicara yang 'bukan diri kita'. Menampilkan kesan betapa baiknya diri kita. Betapa harmonisnya keluarga kita. Topeng tebal kita pakai supaya dianggap 'orang berkelas'. Betapa melelahkannya hidup seperti itu. Lebih baik kita jujur tentang diri kita. Apa adanya. Tidak apa jika kita tidak hebat. Yang penting kita hidup bersahaja.

14. Ketakutan membuat kita lemah. Ketakutan membuat kita berpikir bahwa tantangan dan masalah yang kita hadapi jauh lebih buruk dari sebenarnya. Abaikanlah perasaan takut itu, dan hadapilah tantangan dan masalah anda dengan tegar. Belum tentu ketakutan anda terjadi.

15. Kalau orang lain mulai menyerah, bukan berarti kita boleh menyerah. Hal itu hanya pertanda bahwa kita harus lebih mempersiapkan diri dalam tantangan berikutnya. Siapkan diri anda, tetap tekun, dan nikmatilah kemenangan anda!

16. Kalau apa yang anda sedang usahakan untuk kebaikan belum berhasil, jangan menyerah. Tetap peliharalah ketulusan anda, dan teruslah bertekun dengan sabar. Ingatlah orang-orang yang sedang anda bela dan perjuangkan. Hanya kepada anda, mereka berharap. Dan hanya lewat anda, Tuhan berkarya bagi mereka. Anda pernah berhasil, dan anda pasti berhasil lagi!

17. Sebelum melakukan segala sesuatu, pikirkanlah matang-matang. Jangan sekedar mengikuti rasa senang atau hobi, tetapi perhatikan juga baik-buruknya. Baik buat diri sendiri, maupun buat orang lain. Banyak masalah hidup yang terjadi karena kecerobohan kita. Penyakit, terjebak hutang, dimusuhi orang, karir mandeg, dan sebagainya. Berlakulah penuh pertimbangan selalu!

18. Mengapa rumput tetangga sering kelihatan lebih indah? Karena kita melihatnya dari jauh. Kalau kita melihatnya dari dekat, kita akan tahu bahwa rumput yang kita pelihara sendiri adalah jauh lebih indah. Demikian juga dengan kesuksesan orang lain. Janganlah kita iri. Karena kalau kita mengetahui sejarah hidupnya, mungkin kita tidak mau untuk bertukar nasib dengannya. Syukuri apa yang ada. Segala yang anda punya adalah anugerah.

19. Jika kita hanya berkutat pada kekurangan kita, maka kita akan menemukan banyak alasan untuk ketidaksuksesan kita. Tetapi jika kita mau menghitung kemampuan-kemampuan kita, maka kita akan heran karena kita tidak punya alasan untuk gagal. Hati-hati jangan terjebak dengan pikiran yang dangkal. Anda masih punya masa depan. Kejar saja, maka anda akan mendapatkannya!

20. Memang kesulitan, bencana, atau krisis seringkali memaksa kita terpuruk. Tetapi kita harus seperti bola karet yang semakin keras dipukul ke bawah, semakin tinggi pantulannya. Jangan hanya duduk diam dan menyerah dengan keadaan. Bangkitlah dan berpikir kreatif untuk sebuah solusi. Atasilah masalah anda dan jadilah pemenang!

21. Sebuah lagu indah tercipta dari nada-nada yang divariasikan. Jika hanya berupa urutan nada (do-re-mi-fa-sol-la-si-do), maka hanya menjadi lagu yang biasa saja dan membosankan. Demikian juga dengan segala pekerjaan yang kita jalani, akan lebih baik jika kita berani mencoba sesuatu yang di luar kebiasaan demi mendapatkan hasil yang lebih baik. Carilah variasi itu, supaya kesuksesan anda istimewa!

22. Sebagai makhluk sosial kita dituntut untuk ramah kepada semua orang. Namun, bukan keramahan yang sekedar basa-basi atau sok akrab. Bukan juga keramahan yang bertujuan mendapatkan sesuatu seperti dalam dunia politik. Melainkan keramahan yang dimulai dari ketulusan hati, yang sungguh-sungguh peduli akan kebutuhan orang lain, tanpa memikirkan pamrih. Mulailah sebarkan keramahan itu hari ini sehingga semua orang merasakan kehangatan anda.

23. Jika kita tidak memiliki prioritas, sangat mungkin kita melakukan hal-hal yang tidak penting. Kita lebih cenderung memilih hal-hal yang mudah daripada melakukan yang penting. Kita lebih suka menikmati hiburan daripada mempersiapkan masa depan. Tentukan prioritas hidupmu, maka anda tidak akan menyesal!

24. Kegagalan bukanlah musuh kesuksesan. Kegagalan bagaikan seorang guru. Guru yang kejam tetapi baik. Kita bisa merasakan kekejamannya, tapi jangan lupa memanfaatkan kebaikannya. Ayo... jangan berhenti karena gagal, karena kita sudah makin dekat dengan kesuksesan kita!

25. Banyak orang tidak mau melakukan lebih banyak, tidak mau mencoba lebih sering, tapi mendambakan kesuksesan. Padahal semakin sedikit tindakan yang dilakukan, tentu semakin kecil juga kemungkinan untuk berhasil. Ayo kalahkan kemalasan anda. Do it, do it and do it again!

26. Dulu pun anda tidak tahu bagaimana melempar bola, berenang di air yang dalam, atau bersepeda sebelum anda mencoba, membuat kesalahan, mencoba lagi dan akhirnya bisa. Jika hari ini masih ada hal yang belum anda kuasai, jangan putus asa, karena kuncinya adalah ketekunan. Dan anda sudah pernah membuktikan ketekunan anda. Kejar terus cita-cita anda!

27. Kata-kata apa yang sering kita keluarkan? Jangan-jangan kita tidak bergairah, tertekan dan lesu karena pikiran dan kata-kata kita sendiri yang negatif. Bila anda tidak berhasil menemukan kata-kata positif, berhentilah mengucapkan kata-kata negatif. Bila anda memiliki kata-kata positif, sebarkanlah itu, karena tidak semua orang memilikinya. Jadilah berkat bagi orang lain dengan kata-kata anda!

28. Mungkin sesungguhnya tidak ada hal yang bisa disebut kecil. Kesalahan kita yang kecil sekalipun, bisa menghabiskan kita. Tetapi sebaliknya, kebaikan kita yang kecil dan seakan tidak berarti, bisa mengangkat kita tanpa kita duga. Mari kita kerjakan kebaikan yang kecil-kecil itu, karena di balik itu ada misteri kesuksesan yang menanti kita.

29. Kehidupan kita bisa diibaratkan sebagai seseorang yang sedang membangun menara. Bisa saja kita membangun menara pengagungan diri, supaya kita dipuji orang. Bisa juga kita membangun menara mercu suar, yang akan menjadi berkat bagi orang lain. Belum terlambat bagi anda untuk menyempurnakan menara anda karena anda tahu apa yang harus anda perbuat.

30. Jangan biarkan hati dan pikiran terganggu oleh hal-hal remeh (perkataan, perbuatan dan pandangan negatif orang lain). Kita rugi sendiri. Sebaliknya tebarkanlah hal-hal positif ke sekeliling kita, sehingga orang lain tahu bahwa kita jauh lebih baik dari yang dikatakannya.

31. Memang baik jika kita ingin mengejar prestasi dan kesuksesan. Tapi adakah hati kita tertuju pada kekuasaan dan materi semata? Atau kita mempunyai tujuan yang lebih mulia? Temukan dan kejarlah hal yang lebih mulia daripada harta dan kekuasaan, maka saat kita gagal, kita tidak hancur hati, dan jika kita berhasil kita tidak menjadi gelap mata.

32. Salah satu prinsip sukses yang perlu kita ingat adalah "berani menunda kenikmatan demi kesuksesan yang lebih besar di kemudian hari". Sayangnya di dunia ini hanya 4% saja orang yang menerapkan prinsip sukses tersebut dan berhasil menguasai perekonomian di dunia ini. Padahal kita tahu bahwa jika kita puas memetik bunga dari suatu pohon, maka kita tidak akan pernah mendapatkan buahnya. Mari kita belajar menunda kenikmatan, misalnya dengan menabung, menyiapkan waktu untuk belajar, mengurangi makanan yang mendatangkan penyakit, dan menjauhkan diri dari menggosip atau hal-hal yang tidak berguna.

33. Jangan pakai alasan 'sedang tidak mood' untuk membenarkan minimnya produktivitas kita, karena mood sesungguhnya bisa diciptakan. Kerjakan saja sekarang tugas anda, maka mood itu akan tercipta. Selamat beraktivitas.

34. Tidak jarang dengan alasan SABAR, banyak orang hanya menunggu perubahan terjadi dalam hidupnya. Padahal bersabar bukanlah menunggu secara pasif saja. Bersabar adalah tetap berusaha meski keadaan makin berat. Sedangkan orang yang hanya menunggu perubahan terjadi dalam hidupnya, maaf kata hanya seorang PEMALAS. Ayo, jangan pasif, proaktiflah mengejar impian anda!

35. Di dunia ini orang harus merangkak sebelum bisa berdiri. Orang harus menerima kekalahan sebelum mampu memenangkan pertandingan. Orang harus menjalani anak tangga satu per satu sebelum sampai di puncak tangga. Demikian juga kesuksesan itu butuh proses yang harus kita jalani. Jangan mengeluh dan lanjutkan perjuangan anda!

36. Jika saja kita mau mencintai pekerjaan kita, maka kita akan bisa melihat ada banyak hal yang dapat kita raih dari pekerjaan kita. Jangan hanya mengukur pekerjaan dari penghasilan atau uang saja, tapi lihatlah juga hal-hal seperti keterampilan, pengalaman, relasi, status dan etos kerja yang anda dapatkan dari situ. Maka hargailah pekerjaan anda!

37. Bukan orang yang MAMPU, melainkan orang yang MAU lah yang akan lebih berhasil. Tidak peduli apapun yang menjadi keterbatasan anda, karena jika anda mau, maka pintu kesuksesan terbuka lebar. Kesuksesan itu tidak dicapai dari kesempurnaan diri anda, melainkan dari kemauan anda yang terus menerus, pantang menyerah sampai di puncaknya. Hari ini... pompalah lagi semangat anda karena belum waktunya bagi anda untuk menyerah.

38. Prinsip sukses para pejuang kehidupan adalah perpaduan antara seni merayakan keberhasilan dan mengembangkan potensi secara terus menerus. Jika anda sedang mengalami keberhasilan, pastikan anda tetap menciptakan keberhasilan-keberhasilan selanjutnya. Jika anda sedang mengalami kegagalan, tetaplah mengucap syukur untuk pencapaian di masa lalu dan kembali mengejar target anda berikutnya. Tetap bulatkan tekad untuk mencapai keberhasilan selanjutnya!

39. Jangan sampai kita hanya mengejar uang, uang, dan uang, tapi lupa bahwa kita perlu menikmati hasil jerih payah kita tersebut. Sia-sia, bukan? Selamat menikmati hari libur ini.

40. Seberat apapun masalah yang kamu hadapi, percayalah kamu akan sanggup melewatinya. Sebab tidak ada badai yang tidak berhenti. Bahkan malam yang paling gelap juga akan berlalu.

Demikianlah kumpulan kata motivasi yang dapat membuat kita semakin bersemangat menjalani kehidupan ini.


9 Responses to "40 Kata-Kata Motivasi Semangat Menjalani Hidup"

  1. bookmark sebagai inspirasi saat down . Nice article bro ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya betul banget bro... kata2 motivasi bisa banget buat bangkitin mood.

      Delete
  2. Wah bener banget tuh kata kata motivasi nya.

    ReplyDelete
  3. yang bagian ke 37 cocok bener buat mahasiswa nih, bukan orang yang mampu dapet ip tinggi bisa wisuda tapi orang yang mau sering-sering bimbingan ama dosenlah yang bisa cepet wisuda....wkwkwkwk.

    ReplyDelete
  4. Setelah baca yang nomor 33 jadi tambah semangat buat nge blogg,,makasih ya. Jangan lupa mampir di blog ku

    ReplyDelete
  5. Hidup adalah rentetan masalah dan penyelesaian dari masalah adalah sebuah masalah jadi kebahagiaan justru datang saat menyelesaikan masalah

    Mampir bro
    alznesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel