3 Jenis Kue Yang Selalu Ada Di Rumah Orang Batak Saat Tahun Baru

Momen hari raya Tahun Baru tidak lengkap tanpa adanya hidangan berbagai jenis kue, baik kue basah maupun kue kering. Setiap keluarga seolah sudah mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan tamu mereka dengan suguhan kue dan minuman sebagai pelengkap silaturahmi. Apalagi di tanah Batak yang merupakan mayoritas beragama Kristen suasana tahun baru lebih meriah. Banyak perantau yang pulang ke kampung (bonapasogit) untuk berkumpul bersama keluarga merayakan Natal dan sekakigus Tahun Baru. Sehingga suasana ditempat-tempat umum seperti Gereja, orang akan lebih ramai dari pada biasanya.

Jenis kue orang Batak


Jika kita mengunjungi rumah demi rumah, kita akan menemukan jenis kue yang hampir sama. Entah karena biaya lebih murah atau kemudahan membuatnya, tetapi menurut saya ada juga karena merupakan ciri khas daerah tersebut. Meskipun jenisnya sama, rasa belum tentu sama. Sepertinya untuk hal ini tergantung keahlian si pembuat kue itu juga.

Sebagai orang yang besar dilingkungan Batak, saya mengamati betul jenis kue-kuean tahun demi tahun pada saat tahun baru. Sehingga saya menuliskan beberapa jenis kue yang sepertinya dapat kita temui pada setiap rumah.

Berikut ini jenis kue yang biasanya selalu ada di rumah orang Batak pada saat Tahun Baru.

1. Kembang Loyang (kambang layang)
Kembang goyang lebih dikenal dengan sebutan kembang loyang ditanah Batak, kue musiman yang satu ini sepertinya sudah menjadi menu wajib, karena dapat dikatakan setiap rumah memiliki kue jenia ini. Meskipun biaya membuat kue ini terbilang murah karena berbahan dasar tepung beras, proses pembuatan kue kembang loyang ini membutuhkan waktu yang banyak. Biasanya kue yang rasanya manis ini akan mulai diminati saat seminggu setelah tahun baru berlalu.


Kue kembang loyang


2. Kue Bawang

Sesuai namanya kue bawang atau roti bawang memang memakai bawang putih dan bawang merah untuk membuatnya. Kue ini bisa kita temui hampir pada setiap rumah pada saat tahun baru. Yang membedakannya hanya rasa dan kerenyahannya saja. Diperlukan takaran mentega yang tepat untuk menghasilkan kue bawang yang yang renyah. Terlalu sedikit mentega membuat kue menjadi sekeras kerikil hehe... Kue ini terbilang unik, dengan bahan yang sama dapat di buat menjadi berbagai macam bentuk.

Kue bawang


3. Sasagun
Kue yang satu ini sepertinya hanya ada ditanah Batak dan bisa dikatakan kue khas Batak. Menurut saya inilah satu-satunya kue yang biaya membuatnya paling murah dan cara membuat pun sangat mudah. Pada saat tahun baru menu ini dapat kita temui pada beberapa rumah saja. Kue ini dibuat dari tepung beras dan kelapa parut yang di gongseng sampai kering. Dan pada saat akan memakannya ditambahkan gula secukupnya. Satu hal yang harus kamu perhatikan pada saat makan sasagun ini tidak boleh berbicara, kalau berbicara dapat membuat sasagun di dalam mulut tersembur keluar hahaa...

Kue sasagun


Nah, itulah beberapa kue yang sering kita temui di rumah orang Batak pada saat tahun baru, kue yang manakah yang paling kamu suka? 

7 Responses to "3 Jenis Kue Yang Selalu Ada Di Rumah Orang Batak Saat Tahun Baru"

  1. Wah... jadi pengen nyobain tuh kue sasagun bro ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh.. silahkan dicoba buat sendiri bro.. udah banyak kok resepnya di internet hehe

      Delete
  2. wah, mantap nih,.
    yang kembang loyang kalo di daerah ane biasa di sebut "entrok" gan wkwk
    yuk mampir rumah sederhanaku di >>--> KangNi webID

    ReplyDelete
  3. Penasaran w sama kue sasagun.... kalo kembang loyang mah dah pernah liat pas main ketempat tetangga yang sukunya Batak

    ReplyDelete
  4. kembang goyang sama kue bawang sering liat di jawa gan. jadi penasaran sama sasagun...

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel