Arti B1, B2, dan BPK Pada Rumah Makan Batak

Arti b1 b2 bpk
Pernahkah teman-teman melihat tulisan B1, B2, dan BPK ketika melewati rumah makan khas Batak? Kira-kira apa artinya? Mungkin sebagian masih ada yang belum tahu apa arti dari istilah tersebut.

Jika dalam kehidupan sehari-hari istilah B1 dan B2 yang kita tahu adalah jenis Surat Izin Mengemudi (SIM). Lalu apakah di rumah makan khas Batak yang ada tulisan B1 dan B2 nya juga tersedia layanan pembuatan SIM? Tentu saja tidak, tapi kalau ada bagus juga biar bisa ngurus SIM sambil makan. Sedangkan BPK yang kita pelajari dibangku sekolah adalah singkatan dari Badan Pengawas Keuangan. 

Arti B1, B2 dan BPK disini merupakan singkatan menu yang ada di rumah makan itu. Mengapa harus disingkat? Selain supaya lebih mudah diucapkan, penggunaan singkatan khususnya untuk B1 dan B2 memang lebih baik dibanding menyebut secara langsung.

Dua menu utama yang biasanya ada di rumah makan Batak adalah daging Anjing (Biang) dan daging Babi. Dari sinilah awal inisial B pada menu makanan. Selain itu ada juga menu makanan lain berbahan ikan dan daging ayam.

B1 merupakan kode menu makanan yang diolah dari daging Anjing. Dalam bahasa Batak Anjing disebut Biang, karena hanya ada satu huruf B maka untuk menyebut daging Anjing dipakai kode B1. Nama lain Anjing dalam bahasa Batak adalah Panangga. Untuk menyebut Anjing dalam percakapan sebaiknya pakai kata Panangga karena terdengar lebih halus dibandingkan kata Biang.

B2 maksudnya adalah daging Babi. Pada kata Babi ada dua huruf B, sehingga disingkat menjadi B2. Babi juga memiliki nama lain yang lebih halus bahasa Batak yaitu pinahan lobu.

Untuk menu makanan dari B1 dan B2 biasanya di olah menjadi panggang, saksang, dan tanggo-tanggo. Jadi saat masuk kerumah makan kita akan menemukan menu seperti, B2 panggang, B1 saksang dll.

Kepanjangan BPK adalah babi panggang Karo, yaitu makanan berbahan daging babi yang diolah dengan cara di panggang khas orang Karo. Tekstur daging Babi panggang Karo sedikit lebih kenyal dibanding Babi panggang lainnya. Selain itu ada juga perbedaan bahan yang dipakai untuk bumbu BPK dengan Babi panggang lainnya.


Nah, itulah arti dari B1, B2, dan BPK yang sering dijumpai pada rumah makan Batak. Menu apakah yang menjadi favorit kamu? Kalau menu favorit saya adalah panggang B2 dan Saksang B2. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan para pembaca blog ini.

0 Response to "Arti B1, B2, dan BPK Pada Rumah Makan Batak"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel