Penjelasan Menu Penghasilan Pada Akun Google Adsense

Meskipun sudah memiliki iklan yang aktif di blog, masih banyak blogger pemula tidak mengerti penjelasan menu penghasilan pada akun Google Adsense. Jika kita membuka akun adsense melalui browser, maka akan ada banyak menu di tampilkan berisi beragam informasi akun seperti tentang iklan, penghasilan, kinerja, dan lain sebagainya.

Google adsense
Penjelasan menu adsense


Bagi seorang blogger perlu memahami fungsi dari semua menu tersebut, setidaknya ada menu yang sangat penting dan wajib di ketahui arti-nya yaitu menu penghasilan. Mengenai cara memasang iklan di adsense teman-teman dapat melihat post saya sebelumnya Panduan Cara Memasang Iklan Google Adsense di Blog.

Penjelasan singkat mengenai menu penghasilan pada akun Google Adsense (GA)

1. Penghasilan Tertaksir
Jika kita masuk ke akun Adsense penghasilan tertaksir dibedakan menjadi 3 bagian:

  • Hari ini hingga saat ini, merupakan penghasilan yang teman-teman dapatkan selamat 24 jam terakhir, perhitungan penghasilan ini jika menggunakan waktu Indonesia di reset setiap pukul 00.00 setiap hari.
  • Kemarin, merupakan jumlah pendapatan yang teman-teman dapatkan pada sehari sebelum tanggal hari ini.
  • 7 hari terakhir, seperti namanya ini merupakan akumulasi pendapatan teman-teman selama seminggu atau 7 hari terakhir.
  • Bulan ini, merupakan penjumlahan dari penghasilan teman-teman selama satu bulan. Perhitungannya dimulai sejak hari pertama sampai hari terakhir dalam satu bulan.


2. Saldo

Mengenai saldo ini sering ditanyakan mengapa jumlahnya masih nol (0) padahal iklan sudah aktif. Bagi yang belum paham mungkin saja menjadi sedikit khawatir. Untuk itu teman-teman harus paham bagaimana sistem perhitungan saldo dan kapan penghasilan kita dihitung sebagai saldo.

Saldo merupakan penghasilan bersih yang kita dapatkan pada bulan sebelumnya. Penghasilan yang didapat dalam satu bulan belum tentu seluruhnya masuk menjadi saldo, bisa saja berkurang tergantung besar kecilnya invalid click. Penghasilan yang baik adalah tidak ada invalid atau nilainya sangat kecil. Saldo akan terisi otomatis pada awal bulan setelah pihak google melakukan perhitungan pendapatan kita.

Lalu kapan uang kita dapat diambil? Uang dapat dicairkan setelah saldo minimum terpenuhi yaitu sekitar 1,3 juta Rupiah.

3. Menu Kinerja
Pada bagian ini berisi informasi tentang kinerja iklan yang dapat dipilih berdasarkan harian, mingguan dan bulanan. Ada 6 informasi yang ditampilkan yaitu:
  1. Tampilan halaman (page views), Tampilan halaman adalah jumlah keseluruhan halaman yang dilihat oleh pengunjung blog terpasang iklan dalam suatu waktu.
  2. Klik (clicks), adalah jumlah iklan yang diklik oleh pengunjung.
  3. BPK (cpc), BPK (biaya per klik) disebut juga CPC (cost per klik) adalah besaran biaya yang dibayarkan oleh Google untuk setiap klik iklan. Nilai cpc dapat berubah untuk setiap klik.
  4. RPM halaman (page rpm), RPM (revenue per thousand impression) adalalah taksiran rata-rata dari seribu kali halaman yang tayang. Besaran nilai RPM juga dapat berubah setiap waktu, tetapi biasanya nilai RPM berbanding lurus dengan CPC, artinya semakin besar RPM, semakin besar pula CPC.
  5. Tayangan (impression), Tayangan adalah jumlah keseluruhan iklan yang tayang pada semua tampilan halaman. Jumlahnya tergantung berapa banyak iklan yang tayang pada setiap halaman.
  6. RKT halaman (page CTR), RKT (rasio klik tayang) disebut juga page CTR (click through ratio) adalah persentase dari jumlah klik yang didapatkan dibandingkan tampilan laman. Sebaiknya usahakan agar RKT tidak lebih dari 10%.

Sebenarnya masih banyak menu pada akun adsense yang belum saya jelaskan, tetapi beberapa menu diatas adalah wajib untuk pahami.

3 Responses to "Penjelasan Menu Penghasilan Pada Akun Google Adsense"

  1. Mengapa yah, saldo di adsenseku tidak sesuai dengan laporan youtube.
    Mohon bantuannya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Membaca laporan adsense memang angkanya kadang beda... cuna itu masih ada perkaliannya juga

      Delete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel