Tips Menentukan Jurusan dan Menjalani Kuliah

Tips memilih jurusan kuliah

Hai kalian yang sekarang sudah memasuki kelas 12, atau yang belum namun mempunyai niat untuk melanjutkan perguruan tinggi. Aku ada sedikit tips yang semoga saja bisa membantu kalian untuk menentukan jurusan dan menjalani kuliah di perguruan tinggi atau universitas .

Seringkali anak-anak yang akan melanjutkan perguruan tinggi merasa bingung akan kemana. Mungkin kalian sudah punya perguruan tinggi impian, tapi apakah kalian yakin kalian bisa masuk kesana dan nyaman disana? Eitss,,, tunggu dulu, jangan salah paham.

Maksud saya bukan ingin meremehkan kalian gaes. Aku jelaskan ya. Masuk perguruan tinggi itu untuk meraih cita-cita kan? Nah, kalo itu alasannya. Jangan gegabah dalam menentukan pilihan. Jangan sampai kalian sudah masuk disana, dan ternyata kalian salah memilih jurusan yang sesuai dengan kalian. Alhasil, kalian jadi tidak nyaman dan jenuh hingga tidak bersemangat lagi untuk kuliah. Atau bisa juga lingkungan dikampus impian kamu tidak sesuai dengan kepribadianmu, dan kamu merasa tertekan.

Cara atau tips menentukan kampus tujuan:

Lihat passing grade kampus tujuan
Jangan merasa yakin dulu jika nilai kalian baik disekolah. Ingat, saingan kita untuk masuk perguruan tinggi negeri itu tidak hanya disekolah. Aku punya satu tips untuk persiapan kalian, dalam suatu pembelajaran, anggap saja saingan kalian itu seluruh anak sekolah di Indonesia. Sehingga kalian akan mulai memikirkan persiapan yang lebih maksimal.

Kemampuan otak dan finansial
Jangan pernah malu menjadi kutu buku. Sedikit mengutip dari "ruangguru" belajar itu sakitnya sementara, senangnya selamanya". Dengan otak kemampuan otak yang maksimal kita bisa mendapatkan beasiswa. Tapi jangan lupa untuk mempertimbangkan masalah keuangan juga, karena kita pasti membutuhkan transport, dan lain lainnya.

BACA JUGA: Apakah Trik Internet Gratis Itu Benar Atau Hoax

Jurusan didasarkan pada:

Dalam menentukan jurusan, coba kita koreksi lagi apa yang menjadi bidang kita. Mencari tantangan perlu, tapi harus disertai dengan keyakinan bahwa kita mampu. Jika mencari tantangan tapi hati kita tidak yakin dan kita tidak berusaha untuk dapat menaklukannya, itu akan membuat kuliah kalian berantakan nantinya.

Dalam pemilihan jurusan, jangan lupa juga untuk memikirkan prospek kerja atau usaha yang bisa kalian jalani setelah wisuda. Jurusan yang kalian ambil harus mempunyai peran penting dalam kehidupan kalian selanjutnya.

Misalnya, kalian bercita-cita menjadi pengusaha. Maka jika ingin kuliah, pilihlah jurusan yang berkaitan dengan kegiatan usaha. Misalnya jurusan manajemen dan bisnis. Nah, sampai disini paham kan?

Setelah mantap dengan kampus dan jurusan yang kalian ambil. Langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana caranya agar kuliah yang akan kalian jalani nantinya dapat membuahkan hasil yang maksimal. Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan:

1) Disiplin waktu
Sejak kita duduk dibangku sekolah dasar, disiplin adalah salah satu hal yang tidak bosan-bosanya diajarkan pada kalian. Mulai dari bangun pagi, berangkat sekolah tepat waktu, dan lain sebagainya.

Dalam menjalankan kuliah pun harus seperti itu. Dan yang paling penting, jangan menunda-nunda mengerjakan tugas kuliah jika ada waktu senggang. Kalian harus lebih dekat dengan buku agar wawasan kalian semakin luas dan hasil yang didapat pun lebih maksimal.

2) Enjoy
Ya, kalian harus enjoy dengan kuliah yang sedang dijalani. Kenapa? Karena dengan kalian menikmati prosesnya, Kalian pun tidak akan merasa jenuh. Dan tentunya itu membantu sekali untuk memudahkan kalian meraih cita-cita.

3) Dekat dengan dosen
Menurut aku, dekat dengan dosen kita itu penting. Selain untuk menghindari kecanggunggan dan memudahkan dalam pengerjaan tugas, kita juga bisa mendapat lebih banyak ilmu. Dan siapa tau juga kita jadi punya nilai plus karena dosen lebih mengerti kepribadian kita.

Artikel ini dibuat oleh https://triskanano.blogspot.com. Jika ada tips lain dari kalian, silakan tulis dikolom komentar, oke. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

1 Response to "Tips Menentukan Jurusan dan Menjalani Kuliah"

  1. Bener banget tuh gan. Ane juga merasa poin-poin diatas juga menentukan apa yang akan kita hadapi ketika kuliah.
    Kunjungi blog ane juga di https://liwato.blogspot.com/

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel