4 Hal Yang Membuat Nomor Generasi Marga Tertinggal

Post kali ini mencoba membahas hal yang membuat nomor generasi pada suatu marga tertinggal. Dalam suku Batak ada sebagian marga mencatat nomor tarombo (silsilah) generasi marganya.

Nomor generasi marga
Nomor generasi marga

Keuntungan dengan adanya penomoran generasi pada marga antara lain:
  1. Memudahkan menentukan hubungan kekerabatan (Partuturan). Dari nomor generasi kita bisa mengetahui sebutan yang tepat kepada saudara semarga misalnya: abang, bapak tua/uda atau ompung.
  2. Mengetahui silsilah dan nama-nama pendahulu seseorang sampai ke generasi pertama. Selalu ada catatan nama dari setiap nomor generasi.

Nomor generasi marga tertinggal artinya, orang memiliki marga yang sama dan hidup pada zaman yang sama tetapi nomor generasi yang berbeda. Contohnya, ada dua orang bermarga Hutapea yang satu nomor 12 dan satu lagi nomor 14, mereka hidup pada tahun yang sama. Berarti marga Hutapea yang nomor 12 sudah ketinggalan 2 generasi dari yang nomor 14. Padahal keduanya dahulu sama-sama berasal dari Hutapea generasi pertama.

Lalu mengapa suatu keturunan bisa tertinggal? Setidaknya ada 4 hal yang menyebabkan nomor generasi suatu marga tertinggal.

Hal yang membuat nomor silsilah (tarombo) marga orang Batak tertinggal

1. Lama menikah
Ini adalah penyebab utama suatu generasi tertinggal. Jika seseorang terlambat menikah sudah pasti keturunannya akan tertinggal dibandingkan orang yang menikah pada usia normal, dan kalau hal ini terjadi beberapa kali dalam satu garis keturunan inilah yang membuat nomor marga tinggal sampai beberapa generasi.

2. Lama supaya mendapat keturunanx
Tidak semua orang yang menikah dalam usia normal bisa cepat mendapat keturunan, apalagi jika terjadi pada yang terlambat menikah tentu keturunannya tertinggal dibanding dengan yang cepat memperoleh anak.

3. Berasal dari garis keturunan bungsu
Dalam suatu keluarga hal wajar jika anak paling bungsu paling terakhir menikah dibanding kakak-kakaknya, apalagi jika selisih umur anak pada keluarga itu jauh. Nah kalau seseorang para pendahulunya selalu berasal dari anak bungsu pasti ketinggalan generasi. Apalagi dalam adat Batak yang membawa marga adalah anak laki-laki, bayangkan saja jika dalam suatu keluarga yang lahir lebih dahulu anak perempuan sampai beberapa orang sebelum mendapat anak laki-laki pasti keturunannya akan tertinggal dibandingkan dengan mereka yang langsung punya anak laki-laki.

4. Terlahir dari istri kedua dan seterusnya
Jika seorang laki-laki memiliki lebih dari satu istri yang dinikahi dengan selang beberapa tahun, maka keturunan dari istri pertama lebih tua dari keturunan istri berikutnya. Apalagi jika seseorang menikah lagi pada usia tua kemudian memiliki anak lagi.
6 Lagu Batak Untuk Pengantin di Pesta Pernikahan
Apakah marga kamu juga mencatat nomor generasi? Bagaimana dengan nomor generasimu? Termasuk tertinggal atau tidak? Semoga postingan ini dapat membatu menjawab pertanyaan tentang penyebab nomor generasi marga tertinggal.

3 Responses to "4 Hal Yang Membuat Nomor Generasi Marga Tertinggal"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

    ReplyDelete
  3. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel