7 Kemiripan Parmalim Dengan Agama Yahudi

Parmalim atau Ugamo Malim merupakan kepercayaan asli suku Batak yang memiliki beberapa kemiripan dengan agama Yahudi. Selain agama Parmalim ada juga kelompok yang disebut Parbaringin. Keduanya memiliki kesamaan.

Kemiripan parmalim dan yahudi

Parmalim adalah aliran kepercayaan yang mengakui adanya Tuhan yang disebut dengan Debata Mula Jadi Nabolon. Kehidupan penganut kepercayaan Parmalim erat hubungannya dengan adat Batak. Sekarang ini kita dapat menemukan masyarakat penganut Parmalim khususnya pada suku Batak Toba.

Nah, sekarang kita membahas apa saja kesamaan antara aliran kepercayaan Parmalim suku Batak dengan agama Yahudi.

Kemiripan Parmalim dengan Agama Yahudi

1. Mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa sumber dari segalanya berasal dalam kepercayaan Parmalim disebut Mula Jadi Nabolon
2. Memiliki rumah ibadah, bagi penganut Parmalim disebut Bale Parpitaan atau Bale Partongggoan
3. Parsamisara yaitu ibadayang dilakukan pada hari Sabtu. Awalnya ibadah ini dilakukan pada hari ke 2 Samisara pada kalender Batak yang lebih sering jatuh pada hari Sabtu. Selain itu ada juga kelompok yang beribadah pada hari Rabu.
4. Memegang teguh adat istiadat dan budayanya.
5. Ritual pembabtisan anak pada usia 7 hari (Parmalim: Martutu Aek)
6. Pantangan memakan darah, daging babi, anjing, kucing, dan hewan liar lainnya.
7. Membagi alam semesta menjadi tiga bagian yaitu, banua ginjang (alam sorgawi), banua tonga (alam manusia), banua toru (alam maut).

Sering kita melihat penganut Parmalim menggunakan sorban. Ini merupakan kelaziman masyarakat jaman dahulu yang gemar menggunakan ikat kepala. Warna dari sorban yang digunakan memiliki arti. Sorban berwarna hitam bermakna kerajaan, warna merah bermakna kekuatan, warna putih bermakna kesucian. Jika ketiganya digabung disebut tigabolit.

Daftar Marga Batak Yang Marpadan
Demikianlah persamaan antara Parmalim yang merupakan kerpercayaan asli suku Batak dengan agama Yahudi. Jika Kamu mengetahui kemiripan lainnya, boleh ditambahkan di kolom komentar.

0 Response to "7 Kemiripan Parmalim Dengan Agama Yahudi"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel