Foto dan Lokasi Tambak (Makam) Raja Hutapea Tarutung

Dimanakah lokasi makam (Tambak) Raja Hutapea Tarutung dan seperti apa fotonya masih menjadi pertanyaan dari marga Hutapea yang belum pernah melihatnya. Penting bagi kita sebagai keturunan dari Raja Hutapea mengenal dan merawat kuburan atau makam leluhur marga kita


Tambak Raja Hutapea

Seperti yang kita ketahui, Raja Hutapea Tarutung memiliki tiga orang anak yang dari sana kita bisa menentukan partuturan antara sesama marga Hutapea, yang paling tua adalah Hutapea Sabungan, yang kedua Hutapea Unok, dan yang ketiga Hutapea Bosi.

Saya tertarik membuat artikel ini dengan harapan semua keturunan marga Hutapea setidaknya mengetahui dimana lokasi dan bagaimana bentuk makam Raja Hutapea Tarutung. Ada satu ayat Alkitab yang membuat saya termotivasi yaitu Amsal 17:6 bunyinya: Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka.
Saya bersukur sudah pernah mengunjungi tambak Siraja Hutapea Tarutung karena hal itu merupakan kebanggaan bagi saya bisa mengunjungi nenek moyang saya. Lokasi makam Raja Hutapea beralamat di desa Siancimun kota Tarutung. Lokasi tambak berada disebelah kanan jalan jika kita hendak menuju pemandian Air Soda.

Kesan yang pertama sekali saya rasakan tentunya sangat senang, seperti ada kedekatan batin secara pribadi. Tetapi sebenarnya ekspektasi saya mengenai makam Raja Hutapea adalah sebuah Tugu. Nyatanya kuburan Raja Hutapea biasa saja seperti kuburan diperkampungan Batak lainnya, makam Raja Hutapea lebih cocok disebut Tambak bukan Tugu.

Bentuk tambaknya bertingkat, sehingga kita harus menaiki beberapa tingkatan anak tangga. Lokasinya lumayan luas dan diberi pagar besi serta halaman makam ada yang menanami ubi rambat. Pada kunjungan saya pertama jalan menuju tambak terbut masih bersih, tetapi pada kunjungan saya yang kedua beberapa bulan berikutnya jalan menuju anak tangga tambak tersebut semak sekali, padahal pada di tambak tersebut ada bekas tanah di cangkul (diula) sangat disayangkan mengapa jalan itu bisa sampai semak padahal lokasi tambak yang diberi pagar ditanami.

Nah berikut ini adalah kumpulan foto-foto kunjungan saya sewaktu berkunjung (ziarah) ke tambak Raja Hutapea Tarutung, semoga foto ini bisa memberikan gambaran seperti apa keadaan makam leluhur kita:

Bagian depan makam ada tulisan yang menjelaskan Tambak Raja Hutapea, tampak semennya sudah mulai retak.

Tulisan tambak raja hutapea
Tangga naik ke tambak, lumayan tinggi juga.
tangga tambak Raja Hutapea
Makam Si Raja Hutapea dan ketiga anaknya serta istri mereka lengkap di tulis namanya.

Makam Raja Hutapea

Makam Hutapea

Tambak Hutapea Unok
 Pekarangan makam ditanami ubi.
Pekarangan makam Raja Hutapea
Baca Juga: Fakta Unik Marga Hutapea


Demikianlah postingan saya mengenai fotk dan lokasi serta keadaan Tambak Raja Hutapea Tarutung. Kalau ada waktu jangan lupa berkunjung ke tambak ompung kita itu ya hehee...

1 Response to "Foto dan Lokasi Tambak (Makam) Raja Hutapea Tarutung"

  1. Mantap apaara... semogaa kedepannya kita hutapea bisa ssemaakin kompak untuk membangun tugu Raja Hutapeaa

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel