9 Tips Mendengarkan Kotbah Pendeta di Gereja


Bagaimana tips yang baik mendengarkan kotbah pendeta di gereja menjadi pertanyaan bagi sebagian orang kristen. Setiap orang mungkin mempunyai cara masing-masing untuk mendengar kotbah agar firman Tuhan yang disampaikan oleh pendeta tidak langsung lupa setelah ibadah selesai.

Supaya kotbah bisa di ingat dalam jangka waktu yang lebih lama setidaknya ada beberapa tips mendengarkan kotbah yang disampaikan oleh pendeta, berikut ini tipsnya:

9 Tips Mendengarkan Kotbah Pendeta di Gereja

1. Berdoalah untuk pendeta anda
Tuhan memakai pendeta untuk menyampaikan FirmanNya. Oleh karena itu kita juga perlu mendoakan pendeta agar dapat berbicara sesuai dengan keinginan Tuhan.

2. Berdoalah untuk hati yang mau menerima
Kita juga perlu mendoakan kesiapan hati kita untuk di taburi dengan Firman. Supaya hati kita menjadi tempat yang subur bagi Firman Tuhan. Ingatlah bahwa pendeta sebagai perwakilan Tuhan yang berbicara kepada kita, jadi kita harus menerima cara penyampaian Firman oleh pendeta yang mungkin saja kurang menarik bagi kita.

3. Berdoa agar pikiran tetap waspada
Berdoalah agar pikiran bersih dari hal-hal yang bisa mengganggu pikiran. Jangan sampai badan kita ada di gereja sementara pikiran entah kemana.

4. Buka Alkitab Anda
Bawa dan buka Alkitab sehingga Anda dapat membaca kembali firman Tuhan yang disampaikan pendeta. Terkadang dengan membaca sendiri membuat kita lebih mudah paham.

5. Tetap Fokus dan membuat catatan
Fokuslah mendengar kotbah pendeta dan jangan lupa membuat catatan hal-hal penting yang disampaikan. Hal ini berguna untuk mengingat kembali kotbah dikemudian hari.

6. Matikan ponsel Anda
Sebelum ibadah sebaiknya nonaktifkan alat komunikasi atau handphone Anda. Setidaknya jika anda menggunakan Alkitab atau buku Kidung versi mobile heningkanlah suara notifikasi dan nada dering dan jangan lupa mematikan layanan data atau membuat ponsel dalam mode pesawat. Supaya tidak ada panggilan atau notifikasi dari sosial media yang dapat mengganggu fokus anda dan jemaat lainnya.

7. Lupakan waktu Jika kita fokus pada kotbah, tentu waktu bukan masalah.

8. Respon dengan tulus
Kita harus merespon setiap Firman dengan tulus agar benar-benar Firman itu memberi manfaat bagi kita.

9. Ingat kembali kotbah dirumah
Agar isi kotbah semakin melekat, ingatlah kembali apa yang sudah disampaikan oleh pendeta dirumah. Bukalah catatan yang sudah Anda tulis pada saat mendengar kotbah.

BACA JUGA: Cruciphobia Ketakutan Pada Salib
Nah, demikianlah tips mendengar kotbah pendeta di gereja semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Tips Mendengarkan Kotbah Pendeta di Gereja"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel