Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Orang Batak Sering Memanggil Tulang Kepada Orang Lain?


Kenapa orang Batak sering memanggil orang lain yang belum dikenal dengan sebutan Tulang? Pernahkah melihat seseorang memanggil Tulang kepada orang lain ditempat umun? Atau bahkan teman-teman sendiri salah satunya. Kebanyakan orang memanggil orang lain sebagai Tulang (untuk laki-laki) dan Nantulang (untuk perempuan) padahal ada banyak nama panggilan dalam adat Batak.

"Mauliate dah Tulang!", "Tulang, nadia do jabuni si Heffri Hutapea?" Kira-kira seperti itulah contoh yang saya maksud. Sangat jarang orang mengatakan "Amangboru, nadia do jabuni si Heffri Hutapea?" Kepada orang yang belum dikenal.

Menurut saya, sebutan Tulang memang yang paling tepat dan netral diucapkan kepada orang lain yang belum kita ketahui hubungan partuturannya dengan kita. Kata Tulang bersifat netral, artinya tidak terlalu meninggikan dan tidak merendahkan seseorang. Melainkan menempatkan orang lain setingkat diatas kita dengan rasa hormat.

Memang dalam adat Batak Tulang adalah orang yang sangat dihormati. Bahkan sampai ada peribahasa mengenai Tulang yang berkata: Pasu-pasu ni Tulang sambola langit (Doa atau berkat dari Tulang itu separoh dari luasnya langit). Bayangkan betapa sangat dihargainya seorang Tulang dalam kehidupan orang Batak.

Baca Juga: Kumpulan Umpama atau Peribahasa Batak
Sebenarnya siapakah Tulang itu dan bagaimana hubungan kekerabatannya dengan kita? Yang paling mudah dipahami Tulang adalah saudara laki-laki dari ibu kita. Jadi orang Batak itu mengenal ada dua jenis tulang, yang pertama Tulang yang berfungsi membentuk rangka tubuh dan yang kedua Tulang yang berfungsi untuk menjaga nantulang dan pariban. Hehe...

Sebagai intermezzo, ternyata suku yang paling hebat di Indonesia adalah suku Batak. Tahu gak kenapa? Karena hanya orang Batak yang bisa hidup tanpa Tulang. Jadi gak usah terkejut mendengar berita bayi lahir tanpa Tulang. Karena di tanah Batak hal ini biasa terjadi. Hehe...

Nah, kembali ke topik kenapa orang Batak sering memanggil Tulang kepada orang lain alasannya karena panggilan Tulang memang yang paling pas (netral) dan menandakan rasa hormat kepada orang yang belum dikenal.
Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

Post a comment for "Kenapa Orang Batak Sering Memanggil Tulang Kepada Orang Lain?"