Proses Pembuatan Alat Musik Taganing

Taganing
Proses pembuatan alat musik taganing memerlukan keterampilan khusus yang tidak dimiliki oleh semua orang. Sebelumnya bagi yang belum tahu apa itu taganing (tagading) saya akan jelaskan secara singkat.

Taganing adalah alah musik tradisional Batak Toba yang terdiri dari 5 buah gendang kecil dan satu buah gendang dengan ukuran lebih besar. Cara memainkan taganing ini bukan ditepuk menggunakan telapak tangan seperti gendang pada umumnya tetapi memakai stik yang terbuat dari kayu sebagai pemukul. Setiap gendang memiliki nada suara yang berbeda. Terdiri dari 5 nada (penta tonik). Kebanyakan musik Batak juga penta tonik.

Sedangkan sebutan untuk pemusik yang memainkan taganing disebut pargocci (pargondang). Sekarang ini kita dapat melihat orang memainkan taganing di pesta-pesta pernikahan atau acara adat kematian.

Lalu apakah para pargocci membuat sendiri taganing mereka? Memang ada juga orang yang berprofesi sebagai pembuat taganing sekaligus memainkannya. Tetapi sekrang ini alat musik taganing sudah diperjual belikan. Harga satu set taganing tergantung ukuran dan ukiran taganing, biasanya berkisar antara belasan hingga puluhan juta rupiah.

Proses pengerjaan pembuatan taganing ini bisa memakan waktu berminggu hingga berbulan-bulan. Bahan atau material untuk membuat taganing sering dipakai adalah kayu nangka yang berukuran besar sebagai tabung, kulit kerbau sebagai membran, dan rotan sebagai tali pengikat. Sedangkan peralatan untuk mengerjakan berupa pahat, bor, parang dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Hidup Bahagia Menurut Orang Batak Dengan 5 M
Ternyata kayu nangka dipilih sebagai bahan pembuatan tagading karena memiliki beberapa kelebihan diantaranya: ringan, mudah dibentuk, dan tidak mudah pecah atau retak.

Tahapan proses pembuatan Taganing sebagai alat musik

1. Tahap membuat tabung
Pada tahap ini batang pohon nangka dibentuk menyerupai tabung lalu bagiang tengahnya dilubangi menggunakan bor dan pahat. Ini merupakan bagian yang paling sulit dan menguras tenaga.

2. Tahap memasang membran
Taganing menghasilkan suara dari membran yang terbuat dari kulit kerbau. Sebelum digunakan, kulit kerbau lebih dulu dijemur sampai kering lalu di pasangkan pada bagian atas tabung tagading dan di ikat pakai tali rotan.

3. Tahap penyetelan suara
Setelah taganing selesai dibuat yang terakhir dilakukan adalah menyesuaikan bunyi tiap-tiap gendang hingga menghasilkan melodi yang enak di dengar.

Demikianlah tulisan tentang proses pembuatan alat musik tradisional taganing. Apa bila ada kekeliruan dan kesalahan penulisan saya mohon maaf.
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

0 Response to "Proses Pembuatan Alat Musik Taganing"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel