Nama dan Peran Raja Na Opat Pemimpin Wilayah Silindung

Nama Raja Na Opat yang Memimpin Wilayah Silindung dan Perannya Masing-masing

Raja na opat

Raja Na Opat adalah empat pemimpin tertinggi yang pernah memimpin wilayah Silindung (sekarang Tarutung) yang memiliki tugas dan fungsi masing-masing. Cikal bakal munculnya empat pemimpin atau Raja Na Opat ini disebabkan oleh kecamuk perang dan bentrokan antar marga-marga yang mendiami wilayah silindung dan sekitarnya.

Marga-marga tersebut adalah keturunan Si Opat Pisoran, Naipospos, dan Sitompul. Maka untuk mendamaikan permasalahan ini dibentuklah perwakilan dari masing-masing klan menjadi pemimpin dan dibantu raja-raja lain yang ada pada masing-masing marga.

Pada saat sayembara terpilihlah dari klan Siopat Pisoran yaitu Si Raja Bagot Mora (marga Hutapea) yang memiliki gelar Bagot Tjita dan keturunan Hutabarat Parbaju dengan gelar Baginda Mulana, dari klan Naipospos terpilih keturunan Donda Ujung Hutauruk Lumban Soit dengan gelar Baginda Ilamuda, dan dari klan Sitompul terpilih keturunan Sibange-bange dengan gelar Rang Kaya Tua.
Baca Juga:Daftar Keturunan Guru Mangaloksa Sampai 5 Generasi

Berikut ini daftar nama Raja Na Opat beserta peran dan keahlian masing-masing

1. Raja Parmalim yang bertugas merencanakan dan menata organisasi bidang kepercayaan rakyat Bius (Religi) dipegang oleh Baginda Mulana Hutabarat.
2. Raja Adat, yang bertugas merencanakan dan menata mengenai uhum (hukum) dan adat dipegang oleh Baginda Ilamuda Hutauruk.
3. Raja Parbaringin yang bertugas merencanakan dan menata bidang Sosial Politik dan keamanan Bius dipegang oleh Bagot Tjita Hutapea.
4. Raja Bondar yang bertugas merencanakan dan menata perekonomian dipegang oleh Rang Kaya Tua Sitompul.

Demikianlah sedikit informasi mengenai nama Raja Na Opat yang menguasai wilayah Silindung beserta dengan peran dan fungsinya dan apabila terdapat kesalahan saya mohon maaf, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan tentang kehidupan leluhur kita dahulu.
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

0 Response to "Nama dan Peran Raja Na Opat Pemimpin Wilayah Silindung"

Post a comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel