6 Gelar Orang Batak Yang Lucu dan Artinya


Gelar orang Batak
 
Bagi orang Batak arti nama bisa sebuah harapan. Berbeda dengan gelar yang dibuat-buat sebagai nama tambahan seringkali artinya sangat lucu. Memang gelar yang saya maksud disini bukanlah sebagai nama sah yang digunakan seseorang, mungkin supaya mereka terlihat lebih keren saja makanya pakai gelar yang lucu.

Seringkali ketika membuka media sosial Facebook, saya melihat ada orang yang memakai nama unik. Ada yang menambahkan gelar dibelakang namanya dan ada juga yang hanya memakai gelar saja. Menurut saya ini merupakan suatu usaha untuk mendapat perhatian. Terkadang kita akan lebih mudah mengingat gelar orang tersebut daripada namanya.

Nah, disini saya ingin membahas beberapa gelar orang Batak yang lucu dan artinya.

1. Parpiso lempar
Gelar yang pertama ini biasanya dipakai oleh pria Batak. Kalau diartikan parpiso lempar sebagai seorang yang memiliki keahlian melempar pisau. Keren sih, mungkin ini mau meniru ninja seperti yang ada di film-film itu.

2. Siboto lungun
Siboto lungun artinya tahu diri, maknanya bisa juga sebagai orang yang mengingat nasehat (poda) orang tua. Ya mudah-mudahan sifat orang nya sama dengan gelarnya.
Baca Juga:5 Nasehat (Poda) Orang Batak Sebagai Bekal Hidup di Perantauan

3. Sitastas nambur
Dalam bahasa Indonesia arti sitastas nambur berasal dari kata sitastas yaitu penerobos dan nambur yaitu embun. Mungkin orang ini sangat penuh semangat dalam hidupnya, sang penerobos embun. Keren juga ya.

4. Parlungun
Lungun artinya sedih atau rindu, parlungun artinya mudah rindu. Memang agak jarang ada orang yang pakai gelar-gelar ini. Bisa jadi dia adalah perantau yang jauh dari keluarganya atau mungkin rindu kepada pacar.

5. Parila
Parila artinya pemalu. Gelar ini biasanya sebagai tambahan nama. Ntah apa yang membuatnya menjadi parila, sepertinya harus dicari tahu hehehe...

6. Sisabur holong
Ini gelar paling banyak dipakai orang. Kalau diartikan kira-kira maksudnya adalah penabur cinta. Ada-ada saja ya.

Kalau menurut kamu mana gelar yang lucu? Apa kamu punya gelar juga? Dan kalau ada gelar orang Batak yang kamu ketahui boleh dibagikan lewat komentar postingan ini ya.
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

0 Response to "6 Gelar Orang Batak Yang Lucu dan Artinya"

Post a comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel