Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Foto Orang Batak Jaman Dulu

Heffri Hutapea Blog - Kumpulan Foto Orang  Batak Jaman Dulu.
Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, tentu saja suku Batak memiliki sejarah yang besar pula. Melihat kembali gambaran kehidupan suku Batak di masa lalu menumbuhkan rasa bangga bagi setiap keturunan Batak yang terkenal dengan ciri khas memakai marga sebagai nama belakangnya.


Pusat misionaris protestan di Pearaja

Pada postingan kali ini saya ingin berbagi beberapa foto bersejarah tentang Batak Toba, dikarenakan kecintaan saya akan budaya Batak. Koleksi foto tersebut saya dapat dari seseorang warga negara Belanda yang bernama Mr. Ben Verdouw, biasa di panggil Om Ben yang memiliki kecintaan akan budaya. Saya bercerita sedikit, meskipun tidak dapat berbahasa Belanda, saya coba menghubungi Om Ben dengan bahasa Inggris walaupun isi chatnya terbatu bata, eh... terbata-bata alias nanya Google Translate, efeknya grammar sudah pasti berantakan.

Puji Tuhan, saya di ijinkan mengambil beberapa gambar milik Om Ben untuk ditampilkan di blog ini, dan saya berjanji untuk membuat tautan ke fanspage Om Ben agar para pengunjung ini dapat mengeksplor lebih banyak foto bersejarah tentang Batak yang akan saya buat di akhir post ini. Berikut ini foto-fotonya:


Foto laki-laki Batak Toba 'Ragia Hutza'  Tahun 1894

Laki-laki Batak Toba

Foto diatas namanya 'Ragia Hutza' ada kemungkinan maksudnya adalah 'Raja Huta'. Terlihat  sangat berwibawa, lengkap dengan aksesorisnya. Beginilah gambaran pria Batak di masa itu.

Foto Tentara Angkatan Darat Batak 1950-1960

Tentara Batak 1950-1960

Foto Tentara Batak Toba yang sedang berbincang-bincang dihalaman sebuah perkampungan, antara kota Balige dan Parapat sekitara tahun 1950-1960. Tampak rumah adat Batak yang masih beratap ijuk berhadap-hadapan.

Foto Wanita Batak Menenun Ulos 1900-1940

Menenun Ulos

Foto diatas memperlihatkan seorang perempuan Batak sedang menenun Ulos menggunakan peralatan tradisional. Suatu keahlian yang dimiliki hampir semua wanita Batak pada masa itu.

Foto sebuah Bus di Haranggaol 1968

Bus di Haranggaol 1968

Foto sebuah bus sedang memuat barang di sebuah pasar yang berlokasi di daerah Haranggaol, terlihat juga beberapa orang jualan di pinggir jalan.

Foto Pustaha Naga Padoha 1852-1857

Pustaha Naga Padoha
Buku pustaha naga padoha mungkin saja berisi tentang ilmu gaib dan ilmu pengobatan tradisional. Naga Padoha adalah makhluk mitologi Batak yang menyerupai ular. Mungkin dalam mitologi lain disebut Naga Paduka.

Selain foto tentang manusia, ada juga koleksei foto benda-benda bersejarah, Ulos, ukiran-ukiran, perhiasan dan lain-lain. Bagi yang mau melihat koleksi lainnya silahkan Kunjungi Batak Toba, Danau Toba & Pulau Samosir - Foto² Sejarah & Budaya. Sekian dan terimakasih, Horas.

Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

13 comments for "Kumpulan Foto Orang Batak Jaman Dulu"

  1. Foto boleh jadul, tpi tampilan blog jangan ikutan jadul juga gan. xD

    Tamplate blog keren, nice info gan. Di tunggu kunbalnya.

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya sangat menarik om...
    mampir juga di gubuk ane
    https://kelinglangit.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya sangat menarik om...
    mampir juga di gubuk ane
    https://kelinglangit.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. old banget fotonya, itu foto pribadi ya

    ReplyDelete
  5. wow jaman dlu banget ya gan. makasih gan

    ReplyDelete
  6. Terima kasih infonya. Sangat bermanfaat dan smakin menguatkan kebhinekaan dlam diri

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!