Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Nama Kampung Orang Batak Yang Unik Dan Lucu


Nama sebuah kampung biasanya dipengaruhi oleh budaya masyarakat yang mendiaminya. Misalnya di suku Batak, penamaan sebuah desa pada umumnya menggunakan bahasa Batak, dan setiap nama yang diberikan itu ada maknanya. Namun seringkali kita jumpai kampung-kampung yang memiliki nama unik dan lucu. Terkadang kita penasaran apa alasan dibalik pemberian nama itu, tetapi itulah ciri khas budaya bangsa indonesia yang membuat kita bangga.

Nama kampung Batak

Tahukah kamu? Ada beberapa nama kampung ditanah Batak yang artinya unik dan lucu, apalagi bagi orang yang pertama kali mendengarnya. Mungkin saja Kamu sudah pernah berkunjung kesalah satu kampung ini atau bahkan Kamu adalah warga desa berikut ini. Yuk, kita simak bersama-sama.


1. Siallang Asu
Siallang asu adalah salah satu kampung yang berada di kabupaten Toba Samosir. Jika terjemahkan kedalam bahasa indonesia Siallang Asu berarti pemakan anjing (Siallang = pemakan, Asu = anjing). Apakah mungkin orang-orang di daerah ini dahulu gemar mengkonsumsi daging anjing? Penulis tidak tahu. Lucu bukan? Ingat yah! Siallang Asu bukan Sialang Buah.


Siallang asu



2. Lumban Na Begu
Dari namanya saja kita langsung terbayang sesuatu yang menakutkan. Bagaimana tidak? Desa yang berada dikecamatan Parmaksian kabupaten Toba samosir ini kalau diterjemahin artinya menjadi kampung yang berhantu atau kampung yang menakutkan (Lumban = kampung, Na = yang, Begu = Hantu). Eits, jangan takut dulu disana tidak ada hantu kok.


Lumban Na Begu


3. Silangkitang
Nama Silangkitang berasal dari kata dasar Langkitang (baca: lakkitang) yang artinya keong atau siput kecil. Desa Silangkitang berada di kecamatan Pahae Jae kabupaten Tapanuli Utara dan satu lagi dikecamatan Aek Bilah kabupaten Tapanuli Selatan.


Silangkitang


4. Sijama Polang
Sijama Polang merupakan nama sebuah kecamatan di kabupaten Humbahas (Humbang Hasundutan). Kalau diartikan kata-perkata Sijama Polang artinya orang yang memegang tangga (Sijama = Pemegang, Polang = Tangga kayu yang biasanya dipakai memanjat pohon). 


Sijama Polang

5. Huta Gurgur
Kampung mendidih adalah arti terjemahan langsung Huta Gurgur (Huta = kampung, Gurgur = mendidih). Apakah suhu di sana panas sehingga dinamakan Huta Gurgur? Menurut saya tidak, karena wilayah tanah Batak merupakan pegunungan sehingga suhunya rendah. Perlu kamu ketahui, ada beberapa daerah terkenal bernama Huta Gurgur. Pertama dikecamatan Silaen kabupaten TOBASA, kecamatan Sianjur Mula-mula kabupaten Samosir, dan kecamatan Dolok Sanggul kabupaten HUMBAHAS.


Huta Gurgur

6. Ronggur Ni Huta
Ronggur Nihuta adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Samosir. Nama kecamatan ini sangat unik jika diterjemahkan memurut kata demi kata sebagai berikut : Ronggur = petir, Ni = nya (menyatakan kepunyaan), Huta = kampung. Nah, sekarang coba simpulkan sendiri arti Ronggur Nihuta.


Ronggur Nihuta


7. Dolok Martumbur 
Dolok Martumbur merupakan nama sebuah kelurahan atau desa dikecamatan Muara kabupaten Tapanuli Utara. Dalam bahasa Batak Dolok Martumbur berarti bukit bertunas (Dolok = bukit atau gunung, Martumbur = bertunas). Kira-kira betul nggak yah bukitnya bertunas? Jadi penasaran nih hehe...

Dolok Martumbur

Demikianlah 7 nama kampung orang Batak yang lucu dan unik. Semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah wawasan dan kecintaan kita pada budaya Batak. Kalau kamu tahu nama-nama desa yang menurutmu lucu dan unik silahkan dibagikan lewat kolom komentar di blog ini. Horas!
Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

18 comments for "7 Nama Kampung Orang Batak Yang Unik Dan Lucu"

  1. Hihhiihi ada ada saja ya.... unik unik namanya.... nice....

    ReplyDelete
  2. Walaupun unik, tapi inilah kekayaan Indonesia.

    Jika ada waktu, silakan mampir ke blog kami: ANEKA CARA BLOG

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. Sangat bermanfaat gan.
    Tulisan sangat rapi dan mudah dipahami.
    Terima kasih gan, sangat membantu ane,

    Fakta

    ReplyDelete
  4. pada unik namanya wkwkwk. Apalagi asu sering ane denger

    ReplyDelete
  5. Unik sederhana nama-nama kampungnya

    ReplyDelete
  6. Ada juga ternyata nama kampung yang lucu begini di batak

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata ada ya nama nama yang unik kaya gini. Ditunggu gan next update nya

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  9. salam kenal ya,mari bermain bersama kami di www.fanspoker.com
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  10. Ada koreksi sijama polang : Maksudnya adalah desa petani/penghasil kemenyaan.
    Polang adalah sejenis Tali besar yang dibuat sendiri dari Ijuk Pohon Aren.
    Dipakai untuk mengikat Kayu naik ke atas pohon kemenyaan.. hehehe

    https://konfirmasitimes.com/2020/06/26/mengenal-kemenyan-tumbuhan-endemik-tapanuli-raya/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh terimakasih buat masukannya teman. Sebelumnya saya kurang mengerti arti kata polang itu.

      Delete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!