Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persamaan dan Perbedaan Marga Hutapea Tarutung dan Laguboti

Marga Hutapea



Banyak orang yang hanya tahu kalau semua marga Hutapea adalah sama, seperti marga-marga lain pada umumnya. Tetapi tidak sedikit juga yang paham bahwa sebenarnya marga Hutapea berbeda antara Tarutung dan Laguboti. Lalu apa saja perbedaan dan persamaan antara kedua marga Hutapea tersebut?

Jika pada postingan sebelumnya saya menulis Fakta Unik marga Hutapea, sudah menyinggung sedikit tentang beda marga Hutapea dan pada postingan kali ini saya akan membahasnya dengan lebih lengkap. Perlu saya sampaikan tulisan ini saya buat setelah mempelajari dahulu marga Hutapea Tarutung maupun Hutapea Laguboti dan saya menyadari masih ada kekurangan dalam penulisan oleh sebab itu saya menerima saran serta masukan dari para pembaca blog ini.

Seiring perkembangan jaman semakin banyak orang yang tidak memahami lagi tentang tarombo, sehingga perlu memberikan informasi yang jelas mengenai marga Hutapea kepada generasi penerus supaya anggapan yang keliru tentang marga Hutapea tidak ada lagi. Salah satu anggapan yang keliru tersebut misalnya, Hutapea tarutung dan Laguboti adalah sama. Jika seorang marga Hutapea paham tarombo marganya, tentu dia dapat menjelaskan kepada orang lain.

Memang kadang kala menganggap Hutapea Tarutung dan Laguboti adalah saudara sebagai jalan tengah dalam tutur sapa. Tetapi jika sudah masuk dalam ranah adat tidak bisa demikian karena setiap marga memiliki kelompok-kelompok marga tertentu.

Persamaan marga Hutapea Tarutung dan Laguboti

1. Hutapea Tarutung dan Laguboti merupakan marga dari suku Batak Toba. 

2. Sama-sama memiliki tiga orang anak, berikut penjelasannya: Hutapea Tarutung (Sabungan, Unok, Bosi), Hutapea Laguboti (Ompu Raja Oloan, Bonanionan, Tumba Na Hapal).

3. Raja Hutapea Tarutung dan Laguboti sama-sama memiliki satu saudara kandung. Berikut penjelasannya: Raja Hutapea Tarutung dan Lumban Tobing saudaranya merupakan anak dari Raja Hutatoruan atau cucu dari Guru Mangaloksa. Raja Hutapea Laguboti dan Pangaribuan saudaranya merupakan anak dari Ompu Raja Laguboti atau cucu dari Sipaettua.

Perbedaan marga Hutapea Tarutung dan Laguboti

1. Berbeda silsilah
Meskipun sama-sama keturunan si Raja Batak, tetapi silsilah atau tarombo Hutapea Tarutung dan Laguboti berbeda. Hutapea Tarutung merupakan keturunan Guru Mangaloksa sedangkan Hutapea Laguboti keturunan Sipaettua.

2. Berbeda Bonapasogit (kampung halaman)
Marga Hutapea Tarutung berasal dari daerah Tarutung (Silindung) itulah mengapa Hutapea Tarutung disebut juga Hutapea Silindung. Hutapea Laguboti berasal dari daerah Laguboti (Toba) sehingga Hutapea Laguboti disebut juga Hutapea Toba.

3. Berbeda kelompok marga
Marga-marga yang sekelompok dengan Hutapea Tarutung merupakan marga keturunan Guru Mangaloksa yang dikenal dengan istilah Siopat Pisoran, sehingga Hutapea Tarutung disebut juga Hutapea Siopat Pisoran atau Silindung. Sedangkan marga-marga yang sekelompok dengan Hutapea Laguboti adalah semua marga keturunan Sipaettua.

Apakah panggilan seorang marga Hutapea Tarutung kepada Hutapea Laguboti atau sebaliknya? Karena berbeda silsilah sah-sah saja memanggil 'Lae' atau disesuaikan dengan umur dan sopan satun.

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan antara marga Hutapea Tarutung dan Laguboti semoga bermanfaat.
Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

15 comments for "Persamaan dan Perbedaan Marga Hutapea Tarutung dan Laguboti"

  1. itu di suku batak atau gmna ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, marga Hutapea itu dari suku Batak.

      Delete
  2. Luar biasa nih artikelnya... Sukses kawan....

    ReplyDelete
  3. Kenapa bisa Hutapea menjadi 2?

    ReplyDelete
  4. Ada yg menyebut Hutapea Tarutung dan Laguboti pernah mempunyai anak yg berpergian ke Laguboti dan ke Tarutung sehingga seperti tertukar. Sehingga belum pernah dengar ada Hutapea kawin dgn Hutapea laki ataupun perempuan.

    ReplyDelete
  5. Kak gini.saya ada pacar.mama dia Boru Hutapea Tarutung dan mama saya Boru Hutapea lagu boti.apakah kami bisa tetap menjalin hubungan atau gimana kak?.
    Tolong arahannya kak.soalnya agar saya bisa menjelaskan kepada orang tua pacar saya dengan detail kak.
    Tolong direspon yahh kak
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak ada masalah. Yg sama aja marga mamanya ada yg menikah.

      Delete
  6. Gini kak.sayq punya pacar.mama pacar saya ini Boru Hutapea Tarutung.dan mama saya Hutapea lagu boti.apakah kami bisa tetap menjalin hubungan kak?.
    Biar saya juga bisa menjelaskan secara detail kepada orang tua nya.
    Kalau saya marga Situmorang da pacar saya ini Boru simanjuntak.hanya karna masalah Boru dari mama kami kak.
    Tolong penjelasannya dan arahnnya kak

    ReplyDelete
  7. Tapi coba dulu dengar atau cari cerita tukka

    ReplyDelete
  8. Saya pangaribuan dan benar² ini menjawab semua pertanyaan yang ada dipikiranku selama ini.. Terimakasih

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!