Apakah Benar Raja Boltok Martua Hutapea Menjadi Marga Hutagalung?

Boltok Martua


Apakah benar Raja Boltok Martua Hutapea Unok menjadi marga Hutagalung Ina-ina masih menjadi pertanyaan yang belum saya dapatkan jawaban tentang kebenarannya. Untuk itu saya mencoba menulis topik mengenai Boltok Martua di blog ini.

Sebelumnya saya mohon maaf kepada seluruh marga Hutagalung dan Hutapea Tarutung apabila ada kesalahan penulisan atau tulisan ini dianggap kurang pantas. 

Ada cerita yang pernah saya dengar mengatakan kalau Boltok Martua Hutapea sekarang ini keturunannya adalah marga Hutagalung Inaina. Tetapi seolah-olah cerita itu terputus sampai hanya disitu saja.

Memang jika kita membuka tarombo marga Hutapea Unok dan Hutagalung Ina-ina, nama Boltok Martua ada pada kedua silsilah keturunan tersebut. Mungkin saja memang ada kesamaan nama, tetapi perlu juga kita mencari informasi lainnya. 

Tarombo Boltok Martua dari marga Hutapea sebagai berikut: Raja Hutapea memiliki 3 orang anak yaitu, Hutapea Sabungan, Hutapea Unok, dan Hutapea Bosi. Hutapea Unok memiliki 2 orang anak yaitu, Raja Panjahut dan Raja Mangimpal. Raja Mangimpal memiliki 4 orang anak yaitu, Ompu Runggu, Ompu Isorba, Ompu Tuan Namarngingi, dan Ompu Boltok Martua.

Tarombo Boltok Martua dari marga Hutagalung sebagai berikut: Raja Hutagalung memiliki 2 orang anak yaitu, Miralopak dan Raja Inaina. Raja Inaina memiliki 4 orang anak yaitu, Raja Inum (Matasapiaklangit), Datu Sorga, Sibulung Motung, dan Partombus. Raja Partombus memiliki seorang anak yaitu Boltok Martua.

Saya adalah marga Hutapea keturunan Ompu Tuan Namarngingi (Saudara Boltok Martua) belum pernah mengetahui atau mengenal marga Hutapea dari garis keturunan Raja Boltok Martua. Bahkan saya sudah bergabung dengan beberapa grup marga Hutapea di Facebook yang saya temui hanya keturunan Raja Mangimpal Hutapea dari Ompu Runggu, Ompu Isorba, dan Ompu Tuan Namarngingi. 
Baca Juga: Cerita Tentang Ompu Tuan Namarngingi
Begitu juga marga Hutagalung dari keturunan Raja Boltok Martua belum pernah saya temukan. Karna memang dalam pergaulan sehari-hari kita jarang menanyakan sesuatu tentang marga orang lain terlalu jauh. Kecuali orang tersebut semarga dengan kita, penting untuk menanyakan hal tersebut sedetail mungkin untuk mengetahui hubungan kekerabatan.

Meskipun marga-marga keturunan Siopat Pisoran (Hutabarat, Panggabean, Simorangkir, Hutagalung, Hutapea, dan Lumban Tobing) sudah boleh untuk saling menikahi, orangtua saya pernah menasehatkan marga Hutapea tidak boleh menikahi boru Hutagalung Inaina. 

Setelah saya mencari tahu apa masalahnya, mungkin karena ada anggapan bahwa Raja Boltok Martua Hutapea adalah sama dengan Raja Boltok Martua Hutagalung.

Memang dalam adat Batak tentang marga ada istilah padan atau janji. Dua marga yang marpadan hubungannya sama seperti abang beradik. Tetapi hubungan marga Hutapea Unok dan Hutagalung inaina bukanlah hubungan karena padan.

0 Response to "Apakah Benar Raja Boltok Martua Hutapea Menjadi Marga Hutagalung?"

Post a Comment

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel