6 Persiapan dan Tips Memulai Arung Jeram

Sebelum memulai Arung Jeram (rafting) ada beberapa tips dan persiapan yang harus diperhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan. Melakukan Arung Jeram merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan sekaligus juga memiliki resiko yang sangat tinggi. Oleh sebab itu perlu mengikuti prosedur dan arahan dari guide serta menerapkannya selama kegiatan berlangsung.


Arung Jeram membutuhkan kekompakan tim. Saat melintasi aliran dengan arus deras tindakan tim berbeda dengan saat melintasi arus pelan. Contoh lokasi Arung Jeram dengan Jeram yang ekstrim di Sumatera Utara ada di sungai Asahan, yang tidak terlalu ekstrim contohnya Arung Jeram di daerah Sipispis. Beberapa gerakan dasar mendayung pada Arung Jeram diantaranya: gerakan maju, gerakan belok kanan dan gerakan belok kekiri. 

Peralatan yang digunakan pada Arung Jeram seperti boat karet, pendayung, pelindung kepala (helm), dan pelampung bisa kita dapatkan dari penyedia jasa Arung Jeram. Untuk jumlah biaya dan sewa peralatan biasanya tergantung seberapa panjang rute aliran sungai yang akan di lalui. Jangan khawatir merasa bosan karena disepanjang perjalanan kita dapat menikmati keindahan aliran sungai dan berenang sejenak pada bagian aliran yang tenang.

Nah, bagi kalian yang pertama kali ingin mencoba Arung Jeram, saya ingin berbagi pengalaman dan tips sederhana agar perjalanan lebih menyenangkan.

Persiapan dan tips sebelum memulai Arung Jeram

1. Tubuh yang sehat dan fit
Karena Arung Jeram mengharuskan kita mendayung dan butuh konsentrasi, sehingga menghabiskan banyak energi. Untuk itu pastikan tubuh benar-benar fit. Usahakan makan sebelum melakukan kegiatan supaya tidak lemas di tengah jalan.

2. Memakai safety
Pakailah alat pengaman berupa baju pelampung dan pelindung kepala dengan benar. Pastikan terpasang dengan kencang.

3. Membawa makanan dan minuman
Bawalah snack atau makanan ringan dan minuman kedalam perahu karet yang kalian pakai. Jika jarak yang ditempuh lumayan jauh tentu akan membuat merasa haus dan lapar. Jangan harap ada jualan di sepanjang aliran sungai yang kalian lalui. Ingat, jangan membuang sampah bekas makanan ke aliran sungai, kalian bisa mengumpulkannya di dalam perahu.

4. Jangan membawa benda tidak tahan air
Usahakan benda berharga dan benda tidak tahan air tidak ikut dibawa karena bisa saja kalian terjatuh dari perahu karena arus deras. Barang-barang dapat dititip posko keberangkatan. Untuk mengambil foto atau video bungkuslah Handphone atau Kamera kalian dengan plastik.

5. Jangan mengarahkan pendayung ke tebing
Pada saat perahu meluncur kearah dinding sungai, jangan mengarahkan alat dayung untuk menahan laju perahu karena dapat melukai orang lain. Caranya adalah angkat alat pendayungmu sehingga tidak mengenai tebing dan berpegangan pada perahu, biarkan perahu membentur tebing, perhatikan juga jangan sampai kepala kamu yang membentur.

6. Hal yang dilakukan jika terjatuh dari perahu
Jika kalian terhempas dari perahu dan terseret arus yang deras, jangan coba berdiri hal ini bisa mengakibatkan kaki kalian terbentur atau terjepit pada bebatuan. Cara yang benar adalah dengan memposisikan diri seperti tidur telentang dengan posisi kaki di depan. Tujuannya apa bila ada batu yang pertama berbenturan adalah telapak kaki.
BACA JUGA: 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menyelam (Snorkeling)
Demikianlah sedikit tips tentang persiapan memulai arung Jeram bagi pemula atau orang yang pertama kali mencoba. Ingat, jangan lupa berdoa sebelum memulai arung jeram semoga dijauhkan dari mara bahaya, have fun.

2 Responses to "6 Persiapan dan Tips Memulai Arung Jeram"

  1. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

    ReplyDelete
  2. olahraga keren yang memacu adrenalin. sayang belum pernah nyoba saya :)

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel