Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Marga Yang Marpadan Dengan Hutapea

Ketika membahas daftar marga yang marpadan (memiliki padan) dengan Hutapea berbeda seperti marga Batak lainnya. Karena marga Hutapea ada dua jenis yang berbeda secara tarombo yaitu Hutapea Tarutung dan Hutapea Laguboti. 
Padan Hutapea

Bagi orang yang belum mengetahui hal ini, tentu saja sering menganggap semua marga Hutapea itu sama sehingga padannya sama. Pada artikel ini saya ingin membahas sedikit mengenai marga-marga apa saja yang marpadan dengan Hutapea. Yuk kita mulai.

Marga Hutapea Tarutung dikenal juga Hutapea Siopat Pisoran adalah keturunan Guru Mangaloksa. Hutapea Tarutung ada 3, yaitu Hutapea Sabungan, Unok, dan Bosi. Setahu saya ketiganya tidak memiliki padan dengan marga apapun selain dengan marga Hutagalung Ina-ina. Apalagi Hutagalung Ina-ina keturunan Raja Partombus.

Ada cerita yang mengatakan bahwa Raja Partombus Hutagalung mempunyai anak yang bernam Boltok Martua Hutagalung. Jika kita melihat tarombo marga Hutapea, Boltok Martua adalah cucu dari Hutapea Unok dan anak ke dari Raja Mangimpal Hutapea. Berdasarkan cerita, Boltok Martua Hutapea diangkat menjadi anak Raja Partombus Hutagalung, hal ini dikuatkan dengan terputusnya silsilah keturunan Boltok Martua dari tarombo Hutapea.

Tetapi khusus untuk Hutapea Unok Keturunan Ompu Tuan Namarngingi ada sebuah larangan (bukan padan) yaitu tidak boleh menikahi boru Situmeang keturunan Ompu Bulusan karena peristiwa yang dialami oleh Ompu Tuan Namangingi.

Faktanya sekarang ini sudah ada yang melanggar larangan itu, pernikahan antara marga Hutapea keturunan Ompu Tuan Namarngingi dan boru Situmeang keturunan Ompu Bulusan sudah terjadi. Sepertinya tidak ada masalah (gabe do sude).

Baca Juga: Sejarah Manompas Bongbong Keturunan Guru Mangaloksa
Pada marga Hutapea Laguboti saya kurang mengetahui dengan pasti padannya. Hutapea Laguboti memiliki hubungan dengan marga Pangaribuan. Mengenai marga yang marpadan dengan Hutapea Laguboti masih perlu untuk saya cari tahu untuk mengindari kesalahan yang berlebihan pada artikel ini.

Nah, itulah marga yang memiliki padan dengan Hutapea. Semoga bermanfaat.

Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

4 comments for "Marga Yang Marpadan Dengan Hutapea"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Apakah Hutapea bisa berhubungan dengan Simorangkir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Tetapi selagi bisa carilah marga lain yg tidak sekelompok marga.

      Delete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!