Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Masalah Kalibrasi Sensor Sidik Jari Diperlukan


Kalibrasi sensor sidik jari diperlukan atau Fingerprint sensor calibration needed

Fingerprint

Tidak bisa dipungkiri sidik jari atau fingerprint menjadi salah satu fitur keamanan biometrik yang sangat digemari oleh banyak orang saat ini. Selain memiliki tingkat keamanan yang tinggi keunggulan fingerprint adalah efisiensi waktu. Kita dapat membuka ponsel yang terkunci hanya dengan menempelkan jari sepersekian detik saja.

Namun dengan segala keunggulan yang dimiliki fitur sidik jari, bisa saja ada masalah atau bug didalamnya. Seiring dengan peningkatan suatu firmware maka aplikasi fingerprint juga harus ditingkatkan supaya tidak timbul masalah.

Salah satu masalah pada fingerprint HP misalnya meminta kalibrasi sensor sidik jari. Hal ini saya alami sendiri pada smartphone android saya Samsung A50. Fitur sidik jari tidak dapat digunakan karena mucul peringatan Kalibrasi sensor sidik jari diperlukan jika masalah ini berlanjut, Hubungi Layanan Pelanggan. Masalah ini muncul setelah saya melakukan upgrade perangkat lunak atau software HP saya dari android 9 ke android 10.

Setelah saya mencari informasi ternyata masalah ini juga di alami beberapa Handphone keluaran samsung seperti A50, A50s, A70 tidak menutup kemungkinan seri lain yang melakukan upgrade software mengalami hal ini. Menurut saya ini adalah sesuatu yang tidak semestinya terjadi jika kita melihat nama besar Samsung.

Cara mengatasi kalibrasi sensor sidik jari diperlukan

Cara berikut ini bukan untuk memperbaiki sidik jari agar dapat berfungsi kembali, tetapi untuk mengecek apakah ada kerusakan pada sensor sidik jari.
1. Tekan *#0*# dari menu panggilan sampai terbuka sebuah tampilan baru.
2. Pada layar pilih Sensor
3. Lalu pada menu Fingerprint test tekan Normal scan

Tunggu dan lihat, jika yang muncul tulisan Pass berarti tidak ada masalah dengan sensor fingerprint.
Baca Juga: Cara Mengatasi Pemberitahuan Chat Whatsapp Tidak Muncul

Ada 2 solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah yang seperti ini.
1. Jika masalah ini muncul setelah upgrade software android, maka harus melakukan downgrade software ke versi yang tidak bermasalah. Kamu dapat mendowload firmware dengan manual dan melakukan flashing ulang dengan bantuan software odin melalui komputer.

2. Membawa ponsel ke servis center. Mungkin teknisi yang ada di pusat servis resmi sudah lebih mengetahui dan mempunyai peralatan yang lengkap untuk mengatasi masalah ini.

Terakhir, jika kamu malas melakukan solusi diatas, bersabarlah menunggu pembaharuan perangkat yang terbaru. Semoga saja pada pembaruan berikutnya masalah ini sudah teratasi. Saran saya sebagai ganti sidik jari pakailah fitur biometrik sensor wajah. Fitur pengenalan wajah ini juga sangat keren dan cepat tidak kalah dengan fingerprint.

Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

Post a comment for "Cara Mengatasi Masalah Kalibrasi Sensor Sidik Jari Diperlukan"