Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Salib

Salib adalah simbol kekristenan yang memiliki arti penting dalam hidup setiap orang beriman, Alkitab juga mencatat ayat tentang salib. Secara sederhana salib dapat diartikan dari bentuknya, yaitu garis vertikal yang bermakna hubungan manusia dengan penciptanya (Allah) dan garis horizontal melambangkan hubungan manusia dengan sesamanya (Manusia).

Salib

Bagi dunia Salib bisa saja berarti kutuk dan kematian tetapi bagi orang Kristen, Salib adalah pengampunan, kebanggan, keselamatan, dan sebagai pendamaian hubungan dengan Allah. 
Baca Juga: Kata Bijak Tokoh Alkitab Yang Inspiratif
Agama Kristen baik Katolik maupun Protestan memiliki pandangan yang sama tentang salib. Didalam Alkitab kita juga dapat menemukan puluhan ayat yang berisi mengenai Salib Kristus.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan banyak contoh benda yang berbentuk salib. Misalnya perhiasan, lukisan, hiasan rumah bahkan salib yang sering kita lihat di pada gereja. Harapannya dengan melihat salib atau memakai benda-benda berbentuk Salib kita benar-benar menjadi seorang Kristen yang taat dan menjadi pelaku firman.

Untuk menambah wawasan kita tentang Salib, berikut ini saya bagikan beberapa ayat alkitab yang berisi pengajaran tentang Salib.

Ayat Alkitab tentang memikul Salib

Matius 10:38
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak layak bagi-Ku.

Matius 16:24
Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Markus 8:34
Lalu Yesus memanggil orang banyak dan murid-murid-Nya dan berkata kepada mereka: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

Lukas 9:23
Kata-Nya kepada mereka semua: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

Lukas 14:27
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Ibrani 12:2
Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

Ayat Alkitab tentang Salib menghapus dosa

Roma 6:6
Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

1 Petrus 2:24
Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.

Galatia 3:13
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"

Ayat Alkitab tentang Salib lambang kekuatan Allah

1 Korintus 1:18
Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

Ayat alkitab tentang bermegah didalam Salib

Galatia 6:14
Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

Ayat Alkitab tentang seteru Salib

Filipi 3:18
Karena, seperti yang telah kerap kali kukatakan kepadamu, dan yang kunyatakan pula sekarang sambil menangis, banyak orang yang hidup sebagai seteru salib Kristus.

Ayat Alkitab tentang Salib lambang pendamaian dengan Allah
Efesus 2:16
dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Kolose 1:20
dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

Kolose 2:14
dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

Demikianlah kumpulan ayat Alkitab tentang salib, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. 
Heffri Hutapea
Heffri Hutapea Hanya takutlah akan TUHAN dan setialah beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu, sebab ketahuilah, betapa besarnya hal-hal yang dilakukan-Nya di antara kamu.

1 comment for "Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Salib"

  1. ayo segera bergabung dengan kami di F@N5P0K3R
    mumpung lagi promo besar looo...
    dapatkan bonus free chip, bonus rollingan, dan bonus refferalnya
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabungan dengan kami ya :* ;)

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kawan!!